Prabowo Ternyata Juga Pesan Maung SWB

Kompas.com - 08/08/2020, 08:02 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjajal rantis Maung buatan PT Pindad, Minggu (12/7/2020). Twitter @prabowoMenteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjajal rantis Maung buatan PT Pindad, Minggu (12/7/2020).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad (Persero) sudah mulai melakukan proses produksi Maung. Langkah tersebut dilakukan untuk mengejar pesanan yang diminta oleh Menteri Pertahanan ( Menhan) Prabowo Subianto.

Menariknya, ternyata proses produksi kendaraan taktis (Rantis) Maung yang sedang dikerjakan tak hanya seperti yang protipe saat ini, tapi juga akan dibuat dalam varian sasis pendek alias  short wheelbase ( SWB).

Abraham Mose, Direktur Utama PT Pindad, mengatakan proses produksi Maung sudah berjalan sejak pekan lalu, dan saat ini tim teknsinya sedang berdiskusi untuk membuat Maung dalam versi SWB.

Baca juga: Ini Daftar Harga MPV Murah per Agustus 2020

Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Prototipe kendaraan taktis (rantis) Maung 4x4 produksi PT Pindad di Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020). Kendaraan ini digunakan beberapa waktu lalu oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan rencananya akan diproduksi secara massal.

"Sesuai permintaan beliau (Prabowo), untuk yang saat ini kami coba dorong agar bisa memenuhi produksi paling tidak 100 unit karena ada kebutuhan di Oktober nanti, sisanya akan terus running," ucap Abraham kepada Kompas.com belum lama ini.

"Tim engineering juga sedang persiapan. Jadi beliau meminta Maung dalam dua versi, yang panjang seperti yang sekarang dan yang versi lebih pendek, jadi ada model short-nya," kata dia.

Lebih lanjut Abraham mengatakan, sesaat lagi Maung akan melakukan pengujian terakhir. Sementara itu, untuk keran pemesanan juga sudah mulai dibuka, tapi masih sebatas untuk kebutuhan militer.

Sebelumnya, Windhu Paramarta, Vice President Inovasi PT Pindad, menjelaskan bila memang ada rencana untuk membuat Maung dalam beberapa versi, salah satunya dalam bentuk SWB.

Baca juga: Maung Pindad untuk Sipil Dijual Lebih Murah dari Versi Militer

Modifikasi digital Maung Pindad karya @low5100whttps://www.instagram.com/low5100w/ Modifikasi digital Maung Pindad karya @low5100w

Namun demikian, memang belum dijelaskan secara spesifik mengenai teknisnya akan seperti apa. Windhu hanya mengatakan bila nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan.

"Kalau dari road map kami, nanti Maung akan dikembangkan ke beberapa varian selain yang saat ini digunakan dalam versi angkut personel. Jadi nanti variannya ada sasis panjang (long wheel base/LWB) dan pendek (short wheel base/SWB)," kata Windhu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X