Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2020, 20:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comNaik motor sambil berboncengan tentunya harus aman, agar selamat sampai tujuan. Namun kadang ada perilaku dari penumpang yang malah bisa mengganggu pengendara sehingga bisa kehilangan keseimbangan.

Padahal penumpang berpotensi lebih fatal cederanya jika terlibat kecelakaan. Hal ini dikarenakan terkadang penumpang tidak tidak siap ketika terjadi kecelakaan. Oleh karena itu sebaiknya penumpang harus benar sikapnya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, pembonceng jangan berpegangan yang dapat mengganggu konsentrasi pengendara. Kemudian jangan membuat pengendara tidak nyaman.

Baca juga: Pelat Titanium di Tangan Marquez Ternyata Patah karena Buka Jendela

Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.dok.Kompasiana Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.

“Iya misalnya berpegangan ke pundak atau leher, malah bisa bikin geli pengendara. Kemudian penumpang juga kalau bisa diam, jangan mengganggu pengendara,” kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (7/8/2020).

Agar mengurangi cedera saat berboncengan, ada yang harus diperhatikan. Pertama pembonceng harus menggunakan perlengkapan yang sama dengan pengendara, seperti helm, jaket, dan sepatu.

“Kemudian pembonceng harus berpegangan kepada pengendara. Disarankan berpegangan di bagian perut atau di pinggang pengendara,” ucap Agus.

Baca juga: Ini Daftar Harga MPV Murah per Agustus 2020

Kemudian selain berpegangan, usahakan lutut pembonceng menempel ringan pada pinggul pengendara. Jangan lupa agar penumpang memiliki pandangan ke arah depan, sesuai dengan geraknya kendaraan.

“Terakhir, postur badan pembonceng mengikuti gerakan pengendara pada saat berbelok. Jangan melawan arah kemiringan sepeda motor,” kata dia.

Kemudian bagi pengendara, disarankan agar lebih halus saat mengendarai motor sambil membonceng. Hal ini dilakukan agar penumpang merasa nyaman dan lebih mudah mengikuti manuver pengendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com