Ternyata Terlalu Sering Tambal Ban Tubeless Punya Efek Samping

Kompas.com - 07/08/2020, 09:22 WIB
Ban Tubeless Foto: IstimewaBan Tubeless

JAKARTA, KOMPAS.com - Terlalu sering menambal ban tubeless yang bocor karena paku dan sejenisnya, ternyata memiliki efek samping. Ban bisa cepat rusak, seperti timbul benjolan atau menjadi retak.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, tambal ban tubeless itu sifatnya hanya sementara. Sebaiknya, jika sering terkena paku atau lainnya langsung ganti dengan ban baru.        

“Sebab kalau kelamaan, bagian yang bocor itu akan punya sela. Dari situ udara bisa masuk dan merusak lapisan ban,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/8/2020).

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan dan Merawat Pelek Mobil                                         

Pelek Honda X-ADV memiliki desain khusus untuk ban tubeless.Donny Dwisatryo Priyantoro Pelek Honda X-ADV memiliki desain khusus untuk ban tubeless.

Zulpata melanjutkan, semakin banyak titik yang bocor ban akan cepat rusak.

“Jadi kalau sudah punya uang, sebaiknya diganti dengan ban yang baru demi keamanan dan kenyamanan,” katanya.

Baca juga: Jangan Parkir Mobil Dalam Kondisi Masuk Gigi                      

Namun Zulpata mengatakan, kondisi seperti itu tidak berlaku bagi ban yang menggunakan ban dalam. Menurutnya, jika bocor yang ditambal bagian dalam, bukan ban luar.

“Jadi lebih aman sebenarnya, karena tidak akan merusak permukaan ban. Lain halnya dengan ban tubeless, itu memang menjadi salah satu kekurangan ban tubeless,” tuturnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X