Mau Pasang Roof Box, Ingat Mobil Jadi Mudah Oleng

Kompas.com - 07/08/2020, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comRoof box atau bagasi atap biasa digunakan pada mobil agar memiliki ruang penyimpanan tambahan. Jadi selain bagasi, barang-barang yang ingin dibawa dalam perjalanan bisa masuk ke roof box.

Saat ini juga memasang roof box bisa sebagai gaya modifikasi, kemudian digunakan sehari-hari. Namun, ada yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan jika hendak memasang roof box pada kendaraan harian.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengemudi harus menyadari adanya penambahan dimensi kendaraan yang jadi lebih tinggi jika ingin memakai roof box pada mobil harian.

Baca juga: Pahami Fungsi Kickdown pada Mobil Matik

Ilustrasi Honda BR-V saat menggunakan roof box lansiran Thulekompas.com Ilustrasi Honda BR-V saat menggunakan roof box lansiran Thule

“Pemilik kendaraan harus pintar-pintar dalam memilih jalan yang jauh dari pohon yang rendah, kabel listrik, maupun portal,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (6/8/2020).

Kemudian bagi yang memakai kendaraannya di jalan tol, jangan terlalu ngebut. Hal ini dikarenakan roof box bisa memengaruhi keseimbangan dari kendaraan tersebut. Semakin tinggi kendaraan, maka gejala roll nya juga tinggi.

Baca juga: Toyota Resmi Luncurkan Corolla Cross, Harga Mulai Rp 457,8 Juta

“Kemudian, semakin diisi roof boxnya, maka titik beratnya jadi tinggi, sehingga mudah oleng atau hilang keseimbangan. Biasanya akan mulai terasa di atas 60 kpj,” ucap Sony.

Saat roof box diisi kendaraan, barang yang berada di atas bisa bergerak, sehingga membuat mobil oleng. Sehingga kerja dari suspensi dan pengemudi jadi lebih berat. Untuk pengemudi yang tidak sensitif, bisa-bisa tidak terasa saat mobil oleng, tiba-tiba selip atau terbalik di kecepatan tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.