Toyota Santuy Corolla Cross Ambil Pasar C-HR

Kompas.com - 07/08/2020, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Dengan meluncurnya Corolla Cross di segmen medium SUV, secara langsung pasti bakal berdampak pada penjualan C-HR yang sudah lebih dulu hadir sejak 2019.

PT Toyota Astra Motor (TAM) pun tidak mengelak jika Corolla Cross dan C-HR akan saling bunuh di segmen yang sama.

Apalagi Corolla Cross yang baru meluncur mengusung platform dan mesin yang sama, namun dengan harga lebih terjangkau. Namun, penguasa pasar mobil di Indonesia itu terkesan santuy alias santai menanggapinya.

Baca juga: Pahami Fungsi Kickdown pada Mobil Matik

Test Drive Toyota C-HR HybridKompas.com/Setyo Adi Test Drive Toyota C-HR Hybrid

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, mengatakan, hal tersebut merupakan kewajaran karena kedua mobil bermain di segmen yang beririsan.

“Kami tidak bisa menghindari ada kanibal, namun kami berharap tidak terlalu banyak,” ujar Anton, dalam konferensi virtual (6/8/2020).

Anton menambahkan, meski bersaing di segmen yang sama, sebetulnya Corolla Cross dan C-HR merupakan dua SUV dengan konsumen berbeda.

Baca juga: Mengapa Moto3 Satu Silinder Lebih Kencang dari ZX-25R yang 4-Silinder?

Toyota Corolla CrossTAM Toyota Corolla Cross

“C-HR lebih berorientasi pada pengemudi dan fokus pada penampilan. Sementara Corolla Cross lebih seimbang untuk kebutuhan pengemudi ataupun penumpang, termasuk dari segi fungsi maupun gayanya,” katanya.

“Secara keseluruhan, selama total volume bertambah, enggak masalah (Corolla Cross lebih laku dari C-HR),” ucap Anton.

Seperti diketahui, usai meluncur di Thailand dan Vietnam, Corolla Cross akhirnya meluncur di Indonesia pada 6 Agustus 2020.

Di Indonesia, mobil ini tersedia dalam dua varian, yaitu All New Corolla Cross 1.8 versi Gasoline dan All New Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang semuanya mengusung transmisi otomatis CVT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.