Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Setel Posisi Jok Mobil Sesuai Ergonomi Tubuh

Kompas.com - 06/08/2020, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika diminta untuk mengemudikan mobil orang lain, tentunya posisi duduknya tidak sesuai dengan tubuh kita. Posisi duduk yang baik tentunya berpengaruh pada keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan, ada cara mudah untuk menyetel posisi kursi yang sesuai dengan ergonomi tubuhnya.

“Pertama, pastikan tulang ekor menempel di sandaran. Posisikan duduk sampai mentok ke ujung kursi yang dekat sandaran,” kata Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Diluncurkan Besok, Ini Perkiraan Harga Toyota Corolla Cross

Ilustrasi setelan sandaran kepala.consumerreports.org Ilustrasi setelan sandaran kepala.

Kemudian atur maju atau mundur dudukannya. Jika pada mobil manual, pastikan kaki bisa menekan pedal kopling tanpa harus mengangkat paha atau bokong. Untuk kaki kanan, taruh tumit pada titik di depan pedal rem.

“Cara mengatur tegak atau rebahnya sandaran, letakkan pergelangan tangan kiri di jam 12 kemudi. Kemudian tempelkan sandaran kursi ke punggung,” ucap Marcell.

Mengatur sandaran kursi ini penting, jika terlalu rebah, pengemudi malah terlalu santai dan tidak waspada. Sedangkan kalau terlalu tegak, selain kurang nyaman, posisinya terlalu dekat dengan airbag saat mengembang.

Baca juga: Maung Pindad untuk Sipil Dijual Lebih Murah dari Versi Militer

“Terakhir, atur ketinggian headrest, pastikan bagian tengah headrest sejajar dengan ujung atas telinga,” kata dia.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana menambahkan, letakkan tangan di jam 3 dan tangan kiri di jam 9 kemudi. Kemudian usahakan agar posisi tangan tidak lebih tinggi dari jantung pengemudi.

pegang setir yang benarKompas.com/Fathan Radityasani pegang setir yang benar

“Tangan yang lebih tinggi posisinya daripada jantung pengemudi membuat aliran darah ke ujung jari menjadi lambat dan berpengaruh pada reaksi,” ucap Sony kepada Kompas.com.

Sony mengingatkan, jangan pernah mengatur posisi duduk yang tangan dan kakinya lurus, tidak membuat sudut. Ketika tangan dan kaki lurus, tidak ada tenaga dan momentum untuk memutar setir ataupun menginjak pedal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com