Marc Marquez Masih Tanpa Poin di GP Ceko

Kompas.com - 05/08/2020, 07:42 WIB
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan) dan pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat latihan bebas MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jerez de la Frontera, Jumat (17/7/2020). AFP/JAVIER SORIANOPebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan) dan pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat latihan bebas MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jerez de la Frontera, Jumat (17/7/2020).


BARCELONA, KOMPAS.com - Marc Marquez dipastikan absen di seri ketiga MotoGP 2020 di GP Brno, Ceko akhir pekan ini Minggu (9/8/2020). Marc harus istirahat setelah kembali melakukan operasi.

Artinya, juara dunia MotoGP 2019 ini bakal masih tanpa poin memasuki balapan seri ketiga musim tahun ini.

"Setelah menjalani operasi kedua di lengan kanannya, Marc Marquez dan HRC telah memutuskan bahwa tidak akan balapan di Republik Ceko agar dapat pulih lebih cepat," tulis pernyataan HRC, dikutip Selasa (4/8/2020).

Baca juga: Pelat Penyambung Tulang Rusak, Marc Marquez Kembali Masuk Ruang Operasi

 

Sebagai gantinya, Repsol Honda akan menurunkan Stefan Bradl berduet dengan Alex Marquez. Bradl sendiri bukan nama asing, sebab mantan Juara Dunia Moto2 2011 itu merupakan pebalap uji Honda.

"Pada 2019 mantan Juara Dunia Moto2 itu balapan dalam empat seri MotoGP dengan finish terbaik di posisi 10 di GP Jerman. Bradl finis tiga kali di sepuluh besar di Brno dari tujuh kali balapan di kelas MotoGP dan hanya sekali kehilangan poin," tulis HRC.

Seperti diberitakan, Marc Marquez kembali masuk ruang operasi, Senin (3/8/2020). Tim dokter terpaksa mengganti pelat titanium yang berada di lengan kanannya karena pelat itu rusak.

Baca juga: Marquez Opname Dua Hari, Absen Lagi di MotoGP Brno?

Marc Marquez terjatuh saat balapan di seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, SpanyolIstimewa Marc Marquez terjatuh saat balapan di seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol

Dr Xavier Mir, pemimpin operasi tim dokter di Rumah Sakit Dexeus Universitari, mengatakan, pelat buat penyangga tulang yang patah itu rusak karena adanya akumulasi stres di area yang dioperasi.

"Jadi pelat titanium dilepas dan diganti dengan fiksasi baru. Dia tidak merasakan sakit selama periode ini. Dia selalu mengikuti saran medis yang diberikan dan perasaan dari tubuhnya," kata Mir.

Absennya Marc di Brno membuatnya kehilangan poin di tiga seri. Kondisi ini bakal menguntungkan buat Yamaha, Ducati, dan Suzuki. Terutama buat Fabio Quartararo sang pemimpin klasemen sementara.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X