Permintaan Meningkat, Pabrik Daihatsu Kembali Produksi 2 Shift

Kompas.com - 05/08/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu. KOMPAS.com / FEBRI ARDANIIlustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal, aktivitas ekonomi secara bertahap kembali bergairah. Industri otomotif mulai menunjukan adanya tren peningkatan sedikit demi sedikit.

Daihatsu misalnya, secara retail pada Januari-Juni 2020 berhasil mencatatkan angka 53.577 unit, atau turun 39 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara khusus pada Juni 2020, penjualan dari diler ke konsumen mencapai 5.558 unit. Atau meningkat dari 3.673 unit pada Mei sebelumnya.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 50 Jutaan, Bisa Dapat Honda Jazz sampai BMW Lawas

 

Pabrik Daihatsu siap lakukan 2 shift produksi pada Agustus 2020.ADM Pabrik Daihatsu siap lakukan 2 shift produksi pada Agustus 2020.

Walaupun memang penjualan Daihatsu belum mencapai belasan ribu unit per bulan, seperti halnya saat sebelum pandemi.

Kondisi ini secara langsung membuat stok kendaraan yang tersedia di diler semakin menipis, mengingat hampir semua merek tidak melakukan produksi secara optimal pada April-Mei 2020.

Demi memenuhi kebutuhan pelanggan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah siap untuk kembali menambah produksi kendaraan.

Baca juga: 10 Mobil Sedan Bekas Rp 100 Jutaan, Mulai Camry, BMW hingga Mercy

 

Meski sederhana layanan yang diberikan tetap optimal.Agung Kurniawan Meski sederhana layanan yang diberikan tetap optimal.

Seperti diketahui, pada Juli 2020 ADM telah melakukan persiapan untuk melakukan produksi 2 shift dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Realisasi produksi 2 shift telah dilakukan sejak awal Agustus 2020, baik di pabrik Sunter ataupun Karawang.

“Kami bersyukur, pasar mobil mulai menunjukkan peningkatan,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director ADM, dalam keterangan tertulis (4/8/2020).

Baca juga: Menu SUV Medium Bekas Rp 200 Jutaan, Ada Fortuner, CR-V, sampai Pajero Sport

 

Booth Daihatsu di POMA 2014Astra Daihatsu Motor Booth Daihatsu di POMA 2014

“Daihatsu berharap kondisi perekonomian Indonesia akan terus bergairah dan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga memberikan dampak positif pada pasar mobil Indonesia,” katanya.

Daihatsu juga menyatakan, lewat produksi 2 shift, diharapkan hasil produksi pada Agustus 2020 bisa meningkat 4 kali lipat dibandingkan dengan produksi pada bulan Juli sebelumnya.

Agar produksi berjalan maksimal, Daihatsu telah melakukan komunikasi dengan pihak supplier untuk mendukung peningkatakan produksi.

Di samping itu, supplier juga berkomitmen menerapkan protokol kesehatan walaupun permintaan produksi bakal meningkat pada Agustus 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X