Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New Normal, Kredit Kendaraan Baru Perlahan Meningkat

Kompas.com - 04/08/2020, 19:02 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada April dan Mei 2020, industri otomotif mengalami penjualan terendah dalam beberapa tahun terakhir. Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada penjualan kendaraan, terutama saat diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Seiring berjalannya waktu dan diterapkannya adaptasi kebiasaan baru atau new normal, industri otomotif perlahan ada peningkatan.

Berdasarkan data retail sales Gaikindo, penjualan mobil baru tercatat sebanyak 29.862 unit pada Juni 2020. Angka ini meningkat 42 persen apabila dibandingkan dengan Mei sebelumnya yang hanya meraih 17.083 unit.

Baca juga: Menu SUV Medium Bekas Rp 200 Jutaan, Ada Fortuner, CR-V, sampai Pajero Sport

Ilustrasi pelayanan Adira Finance.Baihaki/Kontan Ilustrasi pelayanan Adira Finance.

Hafid Hadeli, Presiden Direktur PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance), mengatakan, angka ini juga tercermin pada perolehan perusahaan pembiayaan yang mengalami hal yang sama.

Menurutnya, pada April 2020 penjualan Adira Finance hanya bisa mencapai angka Rp 400 miliar.

“Pembiayaan Adira Finance memang betul bulan April 2020 adalah yang terendah,” ucap Hafid, dalam konferensi virtual (4/8/2020).

Baca juga: Simak Pilihan 10 Mobil Bekas Harga Rp 100 Jutaan

Booth Yamaha di ajang IIMS Moto Bike Expo 2019KOMPAS.com/Dio Booth Yamaha di ajang IIMS Moto Bike Expo 2019

“Tapi bulan Mei dan Juni 2020 sudah kembali naik, masing-masing itu di level Rp 700 miliar dan Rp 800 miliar. Jadi memang sesuai kenaikan market, penjualan kami juga dari bulan ke bulan sudah mulai meningkat,” katanya.

Untuk diketahui, pada enam bulan pertama tahun ini Adira Finance berhasil membukukan jumlah pembiayaan sebanyak Rp 10,1 triliun atau menurun 47 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Hafid menambahkan, penurunan terjadi lantaran lesunya daya beli masyarakat karena ada penerapan PSBB yang membuat aktivitas ekonomi terhenti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com