Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma Mobil Listrik yang Kebal Ganjil Genap, Hybrid Tidak

Kompas.com - 03/08/2020, 14:22 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan mobil pribadi dengan metode ganjil genap kembali dilakukan mulai hari ini, Senin (3/8/2020). Seluruh pelaksanaannya masih sama dengan ketetapan pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019.

Meski demikian, selama tiga hari ke depan polisi akan lebih dulu melakukan sosialisasi. Sementara untuk tindakan berupa tilang, baik elektronik dan manual, baru akan diterapkan pada Kamis (6/8/2020) mendatang.

Nah, perlu diketahui dalam Pergub 88 disebutkan juga ada beberapa pengecualian bagi kendaraan yang bebas melintas di jalur ganjil genap. Salah satu diantaranya adalah mobil listrik.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 12 Kendaraan yang Bebas Melintas Di Area Ganjil Genap

Baca juga: Cuma 13 Kendaraan Ini yang Kebal Ganjil Genap

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membebaskan pemilik mobil listrik untuk melintas tanpa terpengaruh aturan ganjil genap. Kondisi diberikan sebagai salah satu bentuk insentif bagi pemilik mobil listrik yang telah turut serta menjaga lingkungan tanpa ada emisi bahan bakar.

BMW i3s BMW i3s

Tapi perlu ditekankan, aturan ini berlaku untuk mobil yang sumber tenaganya hanya mengandalkan motor listrik saja, bukan mobil hybrid yang masih bercampur dengan mesin konvensional.

"Hanya mobil yang full electrik saja yang dapat pengecualian ganjil genap, kalau yang hibrida atau PHEV tidak. Jadi kendaraan murni yang digerakan oleh motor listrik, bukan hybrid," ucap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, beberapa waktu lalu.

Nah, untuk beberapa contoh mobil listrik yang bebas ganjil genap di Indonesia sendiri, memang masih sangat sedikit baik dari populasi dan mereknya.

Bila melihat yang sudah mengasapal paling banyak dengan merek Tesla, BMW i3s, Hyundai Ioniq, serta DFSK Gelora yang bermain di segmen minibus dan dikabarkan baru akan sesaat lagi dipasarkan.

Baca juga: Selain 25 Ruas Jalan, Ganjil Genap Juga Berlaku di 28 Gerbang Tol

Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75DKompas.com/Setyo Adi Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75D

Selain mobil listrik, dalam Pergub 88 juga disebutkan bila mobil yang khusus membawa penumpang disabilitas juga dibebaskan. Namun hal ini ada aturannya sendiri, pemilik mobil harus mendaftarkan mobilnya di Dishub Jakarta untuk mendapatkan stiker khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com