Selain 25 Ruas Jalan, Ganjil Genap Juga Berlaku di 28 Gerbang Tol

Kompas.com - 03/08/2020, 12:22 WIB
Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya memberhentikan mobil berpelat nomor genap yang memasuki Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (1/8/2018). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan perluasan sistem ganjil-genap. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK APetugas Ditlantas Polda Metro Jaya memberhentikan mobil berpelat nomor genap yang memasuki Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (1/8/2018). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan perluasan sistem ganjil-genap.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem ganjil genap untuk membatasai volume mobil pribadi kembali diteraphak hari ini, Senin (3/8/2020). Aturan ini berlaku seiring dengan perpanjangan masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Seperti diketahui, tak ada yang berubah dalam penerapan ganjil genap saat saat ini. Namun yang perlu diingat, ganjil genap tak hanya berlaku di 25 ruas jalan arteri saja, namun juga di 28 gerbang tol yang ada di Jakarta.

Ketika pertama kali penerapnnya, Kepala Dinas Perhubungan (DIshub) DKI Syafrin Liputo mengatakan, perluasan 25 ruas ganjil genap sekaligus mengapus pengecualian di beberapa ruas tol.

Baca juga: Cuma 13 Kendaraan Ini yang Kebal Ganjil Genap

"Pelaksanaan di jalan koridor perluasan ganjil genap itu di dalam on-off ramp tol tidak lagi diberi pengecualian. Jadi, saat kendaraan bermotor dari luar area menuju pintu tol yang ada ganjil genap tetap dikenakana, begitu juga sebaliknya," ucap Syafrin.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: 28 Gerbang Tol yang Terdampak Ganjil Genap Jakarta

Artinya, aturan ganjil genap ini berlaku di ruas-ruas tol yang sejajar dengan dimana wilayah ganjil genap diberlakukan. Karena sebelumnya, pembatasan ganjil genap sendiri hanya tidak berlku pada segmen persimpangan terdekat sampai dengan pintu tol.

Nah, mana saja daftar ruas tol yang masuk dalam zona ganjil genap, berikut daftarnya ;

1. Jalan Anggrek Neli Murni sampai akses masuk Tol Jakarta-Tangerang

2. Off ramp Tol Slipi/Palmerah/Tanah Abang sampai Jalan Brigjen Katamso

3. Jalan Brigjen Katamso sampai Gerbang Tol Slipi 2

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X