Tiga Faktor Penyebab Mobil Kecelakaan dan Terbalik di Jalanan

Kompas.com - 02/08/2020, 08:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru terjadi kecelakaan yang melibatkan dua mobil hatchback. Kejadiannya di pintu masuk toll JORR di Pantai Indah Kapuk. Kedua mobil mengalami kerusakan pada bagian depan dan belakang dan salah satunya dalam posisi terbalik.

Lalu apakah mobil semudah itu untuk terbalik? Apa saja hal yang bisa menyebabkan kendaraan terbalik walaupun kondisi jalannya mulus?

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan, ada tiga hal yang bisa menyebabkan kendaraan terbalik, yaitu fatigue, over speed, dan berzigzag.

Baca juga: Ban Kendaraan Bisa Kedaluwarsa, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi mobil terbalik.TMC Polda Metro Jaya Ilustrasi mobil terbalik.

“Fatigue atau kelelahan, bisa menyebabkan pengemudi mengalami micro sleep sehingga bisa kehilangan kendali kendaraannya,” kata Marcell kepada Kompas.com, Sabtu (1/8/2020).

Micro sleep memiliki priode dari mulai dua hingga 30 detik. Biasanya terjadi saat pengemudi melewati jalanan yang monoton. Saat pengemudi tidak sadar dalam waktu beberapa detik dalam kecepatan yang tinggi, itu bisa berbahaya.

“Selanjutnya yaitu over speed atau kecepatan yang berlebihan. Over speed bisa menyebabkan kendaraan hilang kendali kemudian menabrak pembatas jalan atau terbalik bila melibas tikungan terlalu cepat,” ucap Marcell.

Baca juga: Jangan Gegabah dalam Menolong Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Selain itu, kendaraan yang sudah menabrak pembatas atau kendaraan lain, bisa membuat mobil terbalik. Terakhir yaitu berjalan zig-zag dalam kecepatan tinggi bisa membuat kendaraan oleng dan kehilangan kendali.

Mobil bisa terguling jika melakukan zig-zag dengan kecepatan tinggi. Apalagi jika si pengemudi tidak memiliki kemampuan handling yang baik, mobil semakin sulit dikendalikan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.