Ban Kendaraan Bisa Kedaluwarsa, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 01/08/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi membaca kode produksi ban mobil untuk mengetahui usia ban GridOto.comIlustrasi membaca kode produksi ban mobil untuk mengetahui usia ban
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap ban kendaraan pastilah menyertakan sejumlah informasi yang ada pada bagian dindingnya.

Informasi yang biasa ditulis adalah ukuran ban, tipe ban, masa produksi, TWI dan juga informasi lainnya.

Saat membeli ban selain informasi mengenai ukuran, yang sering diperhatikan oleh pemilik kendaraan adalah waktu produksinya.

Tak sedikit yang percaya bahwa informasi mengenai waktu pembuatan karet pembungkus pelek tersebut berhubungan dengan masa penggunaannya.

Baca juga: Ban Depan Mobil Lebih Cepat Aus, Mitos atau Fakta?

Sehingga, saat mendapati ban yang diproduksi lebih lama maka juga sering dikaitkan bahwa ban tersebut masih layak digunakan atau tidak. Benarkah ban juga mempunyai masa kedaluwarsa?

kondisi ban mobil yang mengalami kerusakan pada bagian dindingnyaistimewa kondisi ban mobil yang mengalami kerusakan pada bagian dindingnya

Menanggapi anggapan tersebut, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Zulpata Zainal menjelaskan, ban tidak ada masa kedaluwarsa.

Kode yang ada pada bagian dinding karet adalah sebagai kode produksi semata untuk informasi yang berkaitan dengan ban itu sendiri.

“Kode yang ada pada dinding ban itu adalah serial produksi. Kode ini untuk keperluan lot tracing kalau ada ban yang mau ditinjau ulang setelah produksi,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ini Efek jika Ban Kelebihan atau Kekurangan Tekanan Udara

Zulpata menambahkan, informasi mengenai waktu pembuatan tersebut terdiri dari empat angka. Kode tersebut sebagai penjelasan kapan ban itu diproduksi.

“Misalkan angka yang ada pada dinding ban 1220 artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke 12 dan tahun 2020. Kalau untuk angka 3519 artinya ban diproduksi pada minggu ke 35 tahun 2019,” katanya.

Kode ukuran di dinding ban mobilGridOto.com Kode ukuran di dinding ban mobil

Zulpata juga mengatakan, tidak adanya masa kedaluwarsa maka ban dengan masa produksi lebih lama tetap layak untuk digunakan.

Bahkan ban yang diproduksi 2015 pun masih aman digunakan sekarang ini dengan catatan kondisinya masih bagus.

Baca juga: Mudik Idul Adha, Jangan Lupa Cek Tekanan Udara Ban Mobil

“Selama kondisi ban baik karena penyimpanan di toko atau di gudang, tidak ada masalah dengan kualitas ban. Meskipun produksi 2015 tidak apa-apa digunakan sampai sekarang,” ucapnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X