Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2020, 12:02 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap ban kendaraan pastilah menyertakan sejumlah informasi yang ada pada bagian dindingnya.

Informasi yang biasa ditulis adalah ukuran ban, tipe ban, masa produksi, TWI dan juga informasi lainnya.

Saat membeli ban selain informasi mengenai ukuran, yang sering diperhatikan oleh pemilik kendaraan adalah waktu produksinya.

Tak sedikit yang percaya bahwa informasi mengenai waktu pembuatan karet pembungkus pelek tersebut berhubungan dengan masa penggunaannya.

Baca juga: Ban Depan Mobil Lebih Cepat Aus, Mitos atau Fakta?

Sehingga, saat mendapati ban yang diproduksi lebih lama maka juga sering dikaitkan bahwa ban tersebut masih layak digunakan atau tidak. Benarkah ban juga mempunyai masa kedaluwarsa?

kondisi ban mobil yang mengalami kerusakan pada bagian dindingnyaistimewa kondisi ban mobil yang mengalami kerusakan pada bagian dindingnya

Menanggapi anggapan tersebut, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Zulpata Zainal menjelaskan, ban tidak ada masa kedaluwarsa.

Kode yang ada pada bagian dinding karet adalah sebagai kode produksi semata untuk informasi yang berkaitan dengan ban itu sendiri.

“Kode yang ada pada dinding ban itu adalah serial produksi. Kode ini untuk keperluan lot tracing kalau ada ban yang mau ditinjau ulang setelah produksi,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ini Efek jika Ban Kelebihan atau Kekurangan Tekanan Udara

Zulpata menambahkan, informasi mengenai waktu pembuatan tersebut terdiri dari empat angka. Kode tersebut sebagai penjelasan kapan ban itu diproduksi.

“Misalkan angka yang ada pada dinding ban 1220 artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke 12 dan tahun 2020. Kalau untuk angka 3519 artinya ban diproduksi pada minggu ke 35 tahun 2019,” katanya.

Kode ukuran di dinding ban mobilGridOto.com Kode ukuran di dinding ban mobil

Zulpata juga mengatakan, tidak adanya masa kedaluwarsa maka ban dengan masa produksi lebih lama tetap layak untuk digunakan.

Bahkan ban yang diproduksi 2015 pun masih aman digunakan sekarang ini dengan catatan kondisinya masih bagus.

Baca juga: Mudik Idul Adha, Jangan Lupa Cek Tekanan Udara Ban Mobil

“Selama kondisi ban baik karena penyimpanan di toko atau di gudang, tidak ada masalah dengan kualitas ban. Meskipun produksi 2015 tidak apa-apa digunakan sampai sekarang,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com