Sirkuit Portimao Bisa Jadi Seri Penutup MotoGP 2020

Kompas.com - 01/08/2020, 17:42 WIB
Para pebalap beraksi di MotoGP Andalusia yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (26/7/2020). AFP/JAVIER SORIANOPara pebalap beraksi di MotoGP Andalusia yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (26/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP sudah dipastikan hanya akan digelar di Eropa untuk musim 2020 ini. Namun, Dorna Sports menyebutkan masih ada kemungkinan untuk menambah jumlah seri.

Sejauh ini, MotoGP 2020 tercatat ada 13 seri dengan beberapa sirkuit menjadi tuan rumah sebanyak dua kali. Hal ini diakibatkan pandemi Covid-19 yang berdampak pada banyak negara dan banyak sektor.

Baca juga: Yamaha Yakin Bisa Kembali Dominasi MotoGP

Dikutip dari Visordown.com, dikabarkan Sirkuit Portimao, Portugal, bisa saja menjadi seri penutup MotoGP 2020, yang akan digelar pada 22 November mendatang. Dari kalender yang sudah diresmikan Dorna, saat ini seri terakhir akan digelar di Sirkuit Valencia, Spanyol, pada 15 November.

Alex Marquez pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez.@AlexMarquez73 Alex Marquez pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez.

Sirkuit Portimao sendiri adalah sirkuit langganan dari ajang balap World Superbike (WSBK). Sirkuit tersebut juga memiliki desain dan layout yang mengagumkan.

Sebelumnya, Presiden FIM Jorge Viegas, mengatakan, ada kemungkinan untuk menggelar MotoGP pada sirkuit lain di luar kalender. Salah satunya adalah Sirkuit Portimao yang sudah dipesan sebagai tuan rumah cadangan.

Baca juga: Portugal Punya Kesempatan Jadi Tuan Rumah MotoGP 2020

"Portimao adalah sirkuit pesanan, sama seperti Estoril. Di Portugal, belum ada kebijakan larangan bepergian," ujar Viegas, dikutip dari Motorsport.com.

Sirkuit PortimaoIstimewa Sirkuit Portimao

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Dorna terkait penyelenggaraan MotoGP di sirkuit yang belum pernah menjadi tuan rumah tersebut. Kabarnya, pengumuman resmi akan dilakukan pada 10 Agustus nanti.

Sirkuit Portimao sendiri memiliki karakter stop and go, karena banyak tikungan patah. Sirkuit ini dilengkapi 15 tikungan, 8 tikungan ke kanan dan 7 tikungan ke kiri. Panjangnya sendiri mencapai 4,658 km.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X