Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda Berencana Kembangkan Motor Superbike dengan Mesin V4

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Honda sudah membuat heboh dengan merilis CBR1000RR-R. Kali ini, pabrikan berlogo sayap tersebut dikabarkan sedang mengembangkan mesin dengan konfigurasi V4 untuk motor superbike.

Kabar tersebut disebutkan oleh media asal Jepang, Young Machine, yang sering kali cukup akurat saat membocorkan informasi terkini dari pabrikan otomotif asal Jepang.

Rumors tersebut juga mungkin saja terwujud, mengingat pada 2010 Honda sudah pernah merilis motor replikas MotoGP, yakni RC213V-S.

Namun, banyak yang menyebutkan motor tersebut mengecewakan. Sebab, tenaganya hanya 159 tk dan dengan tambahan komponen balap baru bisa terdongkrak hingga 215 tk.

Tenaganya masih kalah dibandingkan dengan Ducati 1199 Panigale yang mencapai 205 tk. Begitu pula dengan bobotnya, RC213V-S masih lebih berat dibandingkan dengan Panigale.

Dari segi harga, RC213V-S juga luar biasa mahal, tembus 184.000 dollar Amerika atau sekitar Rp 2,7 miliar. PT Astra Honda Motor (AHM) pernah menyebutkan jika motor tersebut dijual di Indonesia, harganya bisa lebih dari Rp 7 miliar.

Young Machine menyebutkan bahwa Honda memang sedang mengembangkan mesin V4 selama beberapa tahun belakangan ini.

Alasan lain Honda memgembangkan mesin tersebut diyakini juga tak ingin kalah dengan Ducati yang meluncurkan motor superbike Panigale V4S.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/01/171200515/honda-berencana-kembangkan-motor-superbike-dengan-mesin-v4

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke