Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpan Powerbank di Mobil Bisa Picu Kebakaran, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 14/07/2020, 08:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai salah satu alat penyimpan daya, powerbank ternyata tidak bisa ditinggal sembarangan di dalam mobil. Sejumlah kasus memperlihatkan, meninggalkan powerbank di kabin mobil dapat memicu terjadinya kebakaran.

Anjar Rosjadi, Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, semua perangkat elektronik yang menggunakan baterai lithium punya potensi untuk meledak.

Meski begitu, ia menambahkan bahwa menggunakan powerbank di dalam mobil boleh saja dilakukan asalkan dilakukan secara benar.

Baca juga: Komentar Asosiasi Parkir Soal ZX-25R Tidak Bisa Masuk Parkiran Moge

Kebakaran mobil Mitsubishi Expander di atas fly over Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (31/8/2019).Dok. Satlantas Polresta Pekanbaru Kebakaran mobil Mitsubishi Expander di atas fly over Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (31/8/2019).

Anjar juga mengatakan, kejadian powerbank meledak biasanya terjadi karena kecerobohan pengguna mobil sendiri.

“Jika powerbank diletakkan di dalam kabin mobil untuk waktu yang lama, meskipun tidak tercolok, kemudian parkir di tempat yang terik, otomatis suhu di dalam mobil juga akan menjadi panas, hingga memicu powerbank meledak,” ucap Anjar kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut dia, ledakan powerbank mungkin tidak terlalu besar. Namun, komponen mobil biasanya tersusun dari bahan-bahan yang mudah terbakar.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta buat yang Punya Garasi Mungil

etugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur memadamkan api yang bersumber dari korsleting listrik pada bagian mesin mobil sedan di Balekembang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (16/3/2020). ANTARA/HO-Damkar Jaktim etugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur memadamkan api yang bersumber dari korsleting listrik pada bagian mesin mobil sedan di Balekembang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (16/3/2020).

Hal ini yang membuat mobil bisa terbakar menyeluruh, terutama saat ada api yang menyambar.

Terakhir, Anjar menyarankan pemilik mobil untuk mengecek barang-barang sebelum meninggalkan mobil. Jangan sampai ada powerbank yang tertinggal di mobil.

Selain itu, ada baiknya memilih menggunakan powerbank dengan kualitas baik. Powerbank dengan baterai murahan ternyata lebih mudah meledak dan memicu percikan api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com