Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kebakaran, Pentingnya Menyediakan Apar di Mobil

Kompas.com - 07/04/2020, 14:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan saat mengendarai kendaraan bermotor, bisa terjadi kapan dan di mana saja.

Kecelakaan tidak hanya karena tabrakan atau terjadinya benturan antara kendaraan dengan benda lainnya seperti pembatas jalan. Tetapi, mobil yang tiba-tiba terbakar juga merupakan kecelakaan yang perlu dihindari oleh siapa pun.

Akhir-akhir ini kebakaran yang menimpa kendaraan roda empat ini memang sering terjadi. Selain disebabkan terjadinya tabrakan, kebakaran mobil seringkali disebabkan karena adanya hubungan arus pendek pada kelistrikan.

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, pemilik mobil bisa menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) dengan ukuran yang sesuai.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Lem Bekas Stiker di Bodi Motor

Pemasangan APAR di kabin mobil bisa dipertimbangkan untuk penanganan pertama pada kebakaran Amazon Pemasangan APAR di kabin mobil bisa dipertimbangkan untuk penanganan pertama pada kebakaran

Kelengkapan keselamatan ini ditujukan untuk langkah antisipasi pertama saat bagian mobil diketahui mengeluarkan percikan api.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna mengatakan, keberadaan APAR di mobil pastilah sangat berguna untuk mengantisipasi kebakaran.

“Sebaiknya menyediakan APAR yang kecil, jangan terlalu besar. Alat pemadam ini juga untuk api yang kecil saja,” katanya kepada Kompas.com, Selasa (7/4/2020).

Baca juga: Kenali 3 Penyebab Karet Wiper Mobil Cepat Rusak

Jika api yang sudah membesar, lanjut Suparna, APAR ini tidak bisa digunakan untuk memadamkannya.

“Misalkan ada percikan api kecil di ruang mesin bisa dipadamkan menggunakan APAR ini, tetapi kalau apinya sudah terlanjur membesar juga tidak bisa juga,” ucapnya.

Kesigapan pengemudi dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran juga dibutuhkan, sebelum mobil hangus terbakar.

Untuk pemilihan, Suparna menyarankan, agar APAR yang digunakan untuk mobil disesuaikan. Tidak perlu menggunakan pemadam yang terlalu besar sehingga justru menyusahkan saat penyimpanannya di mobil.

Ilustrasi mobil terbakarhowkenya.com Ilustrasi mobil terbakar

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Ganti Karet Wiper Mobil?

“Kalau terlalu besar juga akan susah menempatkannya, selain itu juga bisa berbahaya kalau mobil digunakan bisa terbanting ke kanan atau ke kiri bisa juga terjadi ledakan,” ujar Suparna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com