Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simpan Powerbank di Mobil Bisa Picu Kebakaran, Mitos atau Fakta?

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai salah satu alat penyimpan daya, powerbank ternyata tidak bisa ditinggal sembarangan di dalam mobil. Sejumlah kasus memperlihatkan, meninggalkan powerbank di kabin mobil dapat memicu terjadinya kebakaran.

Anjar Rosjadi, Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, semua perangkat elektronik yang menggunakan baterai lithium punya potensi untuk meledak.

Meski begitu, ia menambahkan bahwa menggunakan powerbank di dalam mobil boleh saja dilakukan asalkan dilakukan secara benar.

Anjar juga mengatakan, kejadian powerbank meledak biasanya terjadi karena kecerobohan pengguna mobil sendiri.

“Jika powerbank diletakkan di dalam kabin mobil untuk waktu yang lama, meskipun tidak tercolok, kemudian parkir di tempat yang terik, otomatis suhu di dalam mobil juga akan menjadi panas, hingga memicu powerbank meledak,” ucap Anjar kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut dia, ledakan powerbank mungkin tidak terlalu besar. Namun, komponen mobil biasanya tersusun dari bahan-bahan yang mudah terbakar.

Hal ini yang membuat mobil bisa terbakar menyeluruh, terutama saat ada api yang menyambar.

Terakhir, Anjar menyarankan pemilik mobil untuk mengecek barang-barang sebelum meninggalkan mobil. Jangan sampai ada powerbank yang tertinggal di mobil.

Selain itu, ada baiknya memilih menggunakan powerbank dengan kualitas baik. Powerbank dengan baterai murahan ternyata lebih mudah meledak dan memicu percikan api.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/14/081200015/simpan-powerbank-di-mobil-bisa-picu-kebakaran-mitos-atau-fakta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke