Prabowo Geber Maung, Mobil Taktis 4x4 Garapan Pindad

Kompas.com - 14/07/2020, 07:02 WIB
Prabowo test drive Rantis Maung garapan Pindad Dok. PindadPrabowo test drive Rantis Maung garapan Pindad
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menambah jajaran kendaraan taktis (Rantis), PT Pindad (Persero) baru saja menyelesaikan produk terbarunya yang hadir dengan genre offroad berpengerak roda 4x4.

Mobil yang diberi nama Maung itu pun menjadi viral setelah Menteri Pertahanan ( Menhan) Prabowo Subianto menjajal langsung perfoma kendaraan tempur ini, di lintasan tanah, area Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/7/2020).

"Pada sore hari ini saya dan tim dari PT Pindad mencoba kendaraan Rantis 4x4 yang kami beri nama Maung," tulis Prabowo dalam akun Instagram miliknya.

Baca juga: Lawan Arus, Nissan GT-R Godzilla Dibuat Offroad

Tak hanya itu, Prabowo juga menegaskan bila Kementerian Pertahanan (Kemhan) akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista di dalam negeri.

Langkah tersebut dilakukan sebagai wujud dukungan program penelitian dan pengembangan, agar nantinya seluruh hasil produksi dalam negeri dapat mandiri secara utuh.

Prabowo test drive Rantis Maung garapan PindadDok. Pindad Prabowo test drive Rantis Maung garapan Pindad

Ketika menghubungi Direktur Utama PT Pindad (Persero) Abraham Mose mengatakan, bila pengujian Rantis Maung 4x4 dilakukan langsung oleh Prabowo di lintasan tanah mulai dari yang sifatnya sedang sampai sedikit terjal bebatuan.

"Betul, kemarin bapak sendiri yang nyetir di kawasan Sentul. Jadi di tes pertama di lintasan biasa, lalu kita naik lagi ke jalur tanah yang lebih terjal," kata Abraham saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/7/2020).

Abraham menjelaskan bila kelebihan utama dari Maung adalah diciptakan sebagai Rantis yang ringan dan praktis. Namun demikian, dari segi kehandalan, mobil tersebut ampuh digunakan menjelajah di medan non-aspal atau offroad.

Baca juga: Berkenalan dengan Daihatsu Wake, Kei Car Jepang Berparas Unik

 

Sementara untuk di lintasan normal atau permukaan aspal, Abraham mengklaim Maung memiliki kemampuan handling dan manuver yang cukup baik. Bahkan mesin turbo diesel yang digunakan juga sanggup digeber hingga 120 kpj.

"Jenisnya kita masukan ke Rantis ringan, pada dasarnya memang tipe militer tapi kami coba ubah konsepnya ke arah civilian type, jadi dua alam lah istilahnya," ucap Abraham.

Prabowo test drive Rantis Maung garapan PindadDok. Pindad Prabowo test drive Rantis Maung garapan Pindad

Dalam pengujian yang dilakukan Prabowo, Abraham menjelaskan bila Pindad juga mendemonstrasikan Maung dalam beberapa aspek pengujian, dari jalan on road, paving, sampai bermain tanah di lintasan berbatu besar, tanjakan curam, jalan berlumpur serta dataran licin hingga sungai dangkal.

Pada medan yang sulit dilalui tersebut, Maung dapat melewati rintangan dan dikemudikan dengan handal. Bahkan, Maung sengaja ditempatkan di jalur berlumpur dengan dominasi air untuk menguji kelincahan dan kehandalan di medan sulit dan licin.

Baca juga: Deretan Mobil Baru Transmisi Matik di Bawah Rp 200 Juta

Tidak hanya itu, Maung diklaim mampu bergerak taktis dengan tetap memperhatikan aspek-aspek kenyamanan. Pengujian pada medan datar meliputi beberapa indikator, mulai dari kecepatan, percepatan, manuver putar, manuver angka 8, pengereman, dan aspek keamanan.

Prabowo test drive Rantis Maung garapan PindadDok. Pindad Prabowo test drive Rantis Maung garapan Pindad

"Kita peragakan juga bila Maung ini fleksibel untuk di bongkar pasang menjadi kendaraan tanpa pintu. Saat melakukan demonstrasi melepas pintu Maung itu tidak sampai lima menit, begitu juga saat kembali dipasang," kata Abraham.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X