Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sean Gelael Raih Poin Awal, Jadi Motivasi Pembangkit

Kompas.com - 12/07/2020, 12:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penantian panjang karena balapan tertunda hampir dua jam lantaran hujan membuahkan hasil manis bagi pebalap asal Indonesia Sean Gelael.

Hujan yang terjadi di Race 1 Kejuaraan FIA Formula 2 2020 di Red Bull Ring, Austria, membuat sesi free practice 3 ditiadakan dan menunda kualifikasi F1.

Usaha pun dikerahkan dengan melakukan empat formation lap, namun sayangnya tidak membuahkan hasil.

Race Director F1 Michael Masi memastikan balapan F2 tetap bisa digelar setelah ditunda sekitar satu jam lantaran hujan.

Baca juga: Kawasaki Ninja 250 Bekas Masih Jadi Primadona

Yuki Tsunoda memimpin start terdepan, sampai terjadi kesalahan di pit membuatnya finis di P2 di bawah Robert Shwatzman dan Guanyu Zhou melengkapi podium.

SPIELBERG, AUSTRIA - JULY 11:  Sean Gelael of Indonesia and DAMS (1) drives on track  during the feature race for the Formula 2 Championship at Red Bull Ring on July 11, 2020 in Spielberg, Austria. (Photo by Clive Mason - Formula 1/Formula 1 via Getty Images)Clive Mason - Formula 1 SPIELBERG, AUSTRIA - JULY 11: Sean Gelael of Indonesia and DAMS (1) drives on track during the feature race for the Formula 2 Championship at Red Bull Ring on July 11, 2020 in Spielberg, Austria. (Photo by Clive Mason - Formula 1/Formula 1 via Getty Images)

Sean yang start dari P16 tak kalah disiplin dengan para pebalap di depan. Naik beberapa posisi sebelum akhirnya masuk pit, ia berhasil menempati posisi P12

Dengan manajemen ban yang bagus, Sean yang ketika keluar pit terpaut hampir enam detik dari rekan setimnya di DAMS, Dan Ticktum, bahkan sempat memperkecil jarak itu hingga 0,8 detik di posisi 9 dan 10.

Baca juga: Bahaya Pasang Alat Penghemat Bahan Bakar pada Mobil

Namun Sean kehabisan waktu untuk menyusul Ticktum. Bahkan ketika momentum menyusul Jack Aitken tersedia, Sean tak mau ambil risiko karena sudah di lap terakhir.

"Dari pada kami bertabrakan, lebih baik saya mengamankan poin. Namun kalau itu untuk memperebutkan posisi 8, yang berarti pole position Race 2, saya akan memaksanya," kata Sean yang finis di P10.

Sean juga mengingatkan bahwa baru saja pekan lalu di sirkuit yang sama dia mengalami beragam kendala teknis. Jadi satu poin awal ini sangat berharga sebagai pembangkit motivasi dia dan timnya.

"Memang apa yang dialami kami pekan lalu itu sungguh tak mengenakkan. Namun Sean justru menyemangati kami untuk bangkit. Dan hari ini terbukti kami bisa bangkit dengan mendapat poin dari kedua pebalap," ujar Francois Sicard, Team Principal DAMS.

Race 2 F2 Styria berlangsung Minggu (12/7) dan bisa disaksikan langsung melalui livestreaming di www.sean-gelael.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com