Bahaya Pasang Alat Penghemat Bahan Bakar pada Mobil

Kompas.com - 12/07/2020, 10:01 WIB
Alat penghemat bahan bakar yang dipasang di dalam mesin mobil KOMPAS.com/Aprida Mega NandaAlat penghemat bahan bakar yang dipasang di dalam mesin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini penggunaan alat penghemat bahan bakar berjenis kapastior pada mobil sudah banyak di jual di pasaran. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 1 jutaan.

Pemilik kendaraan sebaiknya berhati-hati jika menggunakan alat tersebut.

Pasalnya, alat penghemat bahan bakar jenis kapasitor bisa menimbulkan risiko pada mobil. Terparahnya, bisa membuat mobi terbakar karena terjadi korsleting di sistem kelistrikan.

Baca juga: Ketahui Ini Bahaya Jok Mobil dari Material Fabric

Service Head Auto2000 Bekasi, Sapta Agung Nugraha, membenarkan hal tersebut. Menurutnya alat penghemat Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan model kapasitor yang dipasang pada kendaraan melalui mekanisme kelistrikan kendaraan berpotensi bahaya.

Merawat kabin mobilStanly/Otomania Merawat kabin mobil

“Sebab alat tersebut menggunakan jalur-jalur kelistrikan kendaraan yang sudah di desain standar. Apabila kelistrikan, kabel-kabel terpasang instalasi lain tentunya akan menganggu kinerja kelistrikan utama,” ujar Sapta saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/7/2020).

Baca juga: 3 Aspek Penting dalam Modifikasi Jok Mobil yang Sering Dilupakan

Terutama jika alat tersebut dipasang di sekitar area mesin. Kualitas yang kurang bagus dan kumpulan kapasitor yang selalu ON atau menyala bisa cepat meledak dan menjadi penyebab ternjadinya kebakaran.

Pemasangan alat penghemat bahan bakar baik di area mesin ataupun pada kabin mobil sangat tidak disarankan, karena risikonya yang sangat tinggi.

“Sebenarnya kalau untuk efisiensi bahan bakar, kendaraan sekarang sudah dilengkapi dengan ECO indicator, sehingga pola berkendara kita menyesuaikan indikator tersebut jadi lebih hemat,” katanya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X