Jangan Sepelekan Knalpot Motor yang Berkarat

Kompas.com - 10/07/2020, 14:45 WIB
knalpot berkarat Kompas.com/Fathanknalpot berkarat
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Leher knalpot berkarat boleh jadi hal biasa pada sepeda motor. Kendati demikian baiknya cepat dibersihkan sebab jika dibiarkan berlama-lama dapat membuat knalpot bocor.

Adih, kepala bengkel Yamaha Mekar Motor Bintaro, mengatakan, jika knalpot sudah bocor maka akan menyebabkan kerja mesin jadi lebih berat dan pendinginan kurang maksimal.

Baca juga: Honda Jaring 50 Persen Konsumen via Online

“Ketika knalpot bocor, biasanya sirkulasi pendinginannya kurang stabil, jadi power mesin lebih berat dan panas,” kata Adih saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

knalpot yamaha ScorpioAri Purnomo knalpot yamaha Scorpio

Hilman, kepala bengkel Yamaha Mekar Motor Bogor, menambahkan, jika knalpot yang bocor tidak diganti, bisa merusak komponen lain seperti busi, klep, dan paking knalpot.

Hal itu disebabkan oleh gas buang yang langsung keluar tanpa melewati penyaringan menyebabkan penumpukan kotoran.

Baca juga: Biar Harga Tak Terlalu Jatuh, Begini Cara Jual Mobil

“Selain bisa ada kotoran, air bisa masuk juga ke ruang mesin melewati lubang dari bocor di knalpot,” kata Hilman.

Karat biasanya terjadi pada leher knalpot karena bagian itu sangat panas. Ketika bagian tersebut mendingin lalu terkena udara, oksigen serta air membuat bahan metal jadi mudah berkarat.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X