Teknologi Immobilizer Bisa Dipasang di Kunci Mobil Model Lawas?

Kompas.com - 10/07/2020, 12:06 WIB
Smart key pada mobil baru Smart key pada mobil baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini sistem immobilizer pada kunci kendaraan bermotor roda empat, merupakan fitur pengamanan tambahan yang diklaim andal untuk mengurangi risiko terjadinya pencurian.

Pasalnya, mesin mobil hanya dapat dihidupkan jika kode transmisi pada kunci sesuai dengan electronic control unit alias ECU. Bila kode transmisi tidak cocok, mesin tidak akan menyala walau lubang anak kunci sudah pas.

Lantas, apakah sistem ini bisa dibenamkan pada mobil model lawas atau yang dari awal tidak dilengkapi immobilizer?

Baca juga: Kunci Mobil Pakai Teknologi Immobilizer Bisa Cegah Pencurian?

Kunci Immobilizer yang siap dijadikan duplikat.Febri Ardani/KompasOtomotif Kunci Immobilizer yang siap dijadikan duplikat.

Didi Ahadi, Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor mengatakan bahwa pada dasarnya pemasangan immobilizer sangat kompleks. Beberapa aspek pun harus mendukungnya seperti ECU.

"Kalau di diler resmi tentu tidak bisa karena termasuk perubahan sistem. Mungkin bisa di aftermarket, tapi saya rasa bakalan sangat mahal karena ada penyesuaian di ECU," katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/7/2020).

" Immobilizer itu seperti perkawinan antara otak (ECU) mobil dengan anak kunci yang sudah disematkan berupa chip berisi kode-kode enkripsi. Jadi, ditambahkan sistem immobilizer, berarti ECU harus diubah juga, tak hanya kuncinya saja," ujar Didi.

Ilustrasi immobilizerlaunchcarscanner.in Ilustrasi immobilizer

Sekalipun pemilik kendaraan punya dana yang cukup untuk melakukan penambahan tersebut, kata Didi lagi, belum tentu mobil support. "Kemudian pasti ada risiko atau efek sampingnya yang saya juga belum tahu bagaimana," ujar dia.

Hal serupa juga dinyatakan Raymond Lie selaku pemilik dari Komandan Key. Menurutnya, mobil yang sejak awal tak dilengkapi sistem immobilizer maka tidak support dengan fitur tersebut.

Baca juga: Kunci Mobil Model Immobilizer Bisa Diduplikat, Harganya Jutaan Rupiah

Contoh kunci immobilizerOtomania/Setyo Adi Contoh kunci immobilizer

“Immobilizer adalah rangkaian tertutup dan sudah terintegrasi dengan sistem elektronik di mobil, ECU. Kalau dipaksakan, maka harus dibuatkan jalur baru dan rumit. Tidak direkomendasikan, harus ganti ECU bukan dipasang dan dilepas," ujarnya.

“Sejauh ini belum ada alat untuk mengganti ECU, karena ECU harganya sangat mahal. Contohnya, mobil Innova dan Fortuner, Innova tipe lama belum ada immobilizernya sedangkan Fortuner sudah pakai, sebenarnya bisa dibikin tetapi harus dibuat transponder key issue nya juga,” kata Raymond lagi.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X