3 Mobil Bekas Paling Dicari di Situs Online Masa Pandemi

Kompas.com - 09/07/2020, 14:41 WIB
Otolive bahas soal beli mobil bekas suapya tak tertipu. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIOtolive bahas soal beli mobil bekas suapya tak tertipu.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memukul industri otomotif. Salah satu yang kena imbas ialah segmen mobil bekas. Data OLX menyebut, di awal pandemi permintaan mobil bekas turun sampai 40 persen.

Ichmeralda Rachman, Direktur Marketing OLX, mengatakan, meski secara keseluruhan permintaan mobil bekas turun tapi segmen mobil keluarga tetap favorit. Konsumen konsisten mencari MPV terutama keluaran Jepang.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 400 Jutaan

"Tidak berubah dari sebelum pandemi, MPV Jepang masih menjadi nomor satu, Toyota Avanza dan Innova, Daihatsu Xenia masih menjadi mobil yang paling dicari konsumen," katanya kepada Kompas.com, Kamis (9/7/2020).

Barang bukti satu unit mobil Innova plat nomor BG 1761 yang didapatkan dari pelaku Rustam (42) salah satu pelaku perampokan dengan modus sebagai anggota polisi, Kamis (2/7/2020).KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Barang bukti satu unit mobil Innova plat nomor BG 1761 yang didapatkan dari pelaku Rustam (42) salah satu pelaku perampokan dengan modus sebagai anggota polisi, Kamis (2/7/2020).

Meski demikian, Melda penggilannya mengatakan, di awal pandemi yakni dari Maret-Mei, jika dibagi ke dalam kelas, maka kelas Low MPV mengalami penurunan lebih tajam ketimbang MPV di atasnya.

"Jadi penurunannya (Low MPV) dua kali daripada mobil kelas atas seperti contohnya Toyota Alphard, permintaannya turun tapi cuma setengah," katanya.

"Hipotesa kami memang (pandemi) terdampak semua orang, tapi untuk kalangan tentu impaknya lebih besar, dan (apalagi) sekarang orang lebih memikirkan yang terpenting ialah kebutuhan primer," ucap Melda.

Suzuki Auto Value merupakan layanan mobil bekas bergaransiGridOto.com Suzuki Auto Value merupakan layanan mobil bekas bergaransi

Baca juga: Era New Normal, Mobil Bekas Masih Dianggap Punya Prospek Bagus

Sama seperti di segmen mobil baru, Melda menyebut permintaan mobil bekas jenis MPV lebih banyak diminati dari pada jenis mobil lain karena dilandasi budaya orang Indonesia yang suka berkumpul dengan keluarga.

"Indonesia harus bangga karena kita masyarakat yang sangat kekeluargaan dan sangat komunal, memang suka kumpul dan sudah mendarah daging, dan ini juga terjadi hingga pemilihan jenis mobil," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X