Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Naik 93 Persen, Honda Sebut Mulai Ada Tren Positif

Kompas.com - 08/07/2020, 19:38 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang kenormalan baru alias new normal, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim untuk pertama kalinya pasar otomotif menunjukkan tren positif setelah tiga bulan terakhir dilanda penurunan akibat pandemi Covid-19.

Kondisi ini pun dibuktikan melalui angka penjualannya yang mencapai 2.488 unit sepanjang Juni 2020. Jumlah tersebut diklaim mengalami peningkatan hingga 93 persen bila dibandingkan bulan sebelumnya.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM mengatakan, pencapain penjualan di pertengahan tahun 2020 tak lepas dari mulai meningkatnya aktivitas masyarakat, di sebagian besar wilayah Indonesia serta indikator makro ekonomi yang relatif positif saat ini.

Baca juga: Wajib Tahu, Masa Berlaku SIM Kini Tak Berdasarkan Tanggal Lahir

"Kontribusi yang besar datang dari pembeli mobil pertama di segmen low cost gren car (LCGC), yang didukung juga oleh lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian dengan kredit," ujar Yusak dalam keterangannya, Rabu (8/7/2020).

Honda BrioDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda Brio

Dari total penjualan 2.488 unit, kontribusi terbesar datang dari Honda Brio sebanyak 1.314 unit atau menyumbang 52 persen. Posisi kedua dari segmen SUV murah, yakni HR-V yang terjual 343 unit, setelah itu Jazz 293 unit, CR-V 192 unit, sementara untuk Mobilio 164 unit.

Tidak hanya itu, BR-V juga ikut menyumbang penjualan sebesar 66 unit, Civic Hatchback 52 unit, Civic Sedan 26 unit, Accord 20 unti, kemudian City 14 unit. Untuk MPV mewahnya, Odyssey berhasil terjual sebanyak empat unit.

Upaya untuk menggerakan penjualan juga tak lepas dari usaha Honda yang memberikan kemudahan dan keringanan kepada konsumennya melalui program penjualan secara daring. Sampai Juni, tercatat lebih dari 50 persen total pembelian mobil Honda datang melalui jalur online.

Baca juga: Menu City Car Bulan Ini, Renault Kwid Climber Paling Murah

"Meskipun kondisi saat ini masih belum sepenuhnya stabil, kami optimis pencapaian di bulan Juni akan menjadi awal yang baik untuk mulainya pemulihan pasar otomotif di Indonesia," ucap Yusak.

Mengenal logo Honda RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mengenal logo Honda RS

Honda telah meluncurkan kampanye #HondaHopefuel yang merupakan upaya menumbuhkan harapan dan mendukung mobilitas sehari-hari para konsumen melalui inovasi pelayanannya.

Mulai dari home service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala, pickup service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus.

Honda Experience juga dihadirkan untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam, hingga kemudahan pembelian mobil secara online melalui situs resmi Honda maupun virtual official store di berbagai situs e-commerce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com