Penjualan Naik 93 Persen, Honda Sebut Mulai Ada Tren Positif

Kompas.com - 08/07/2020, 19:38 WIB
Sales promotion girl berpose saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOSales promotion girl berpose saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang kenormalan baru alias new normal, PT Honda Prospect Motor ( HPM) mengklaim untuk pertama kalinya pasar otomotif menunjukkan tren positif setelah tiga bulan terakhir dilanda penurunan akibat pandemi Covid-19.

Kondisi ini pun dibuktikan melalui angka penjualannya yang mencapai 2.488 unit sepanjang Juni 2020. Jumlah tersebut diklaim mengalami peningkatan hingga 93 persen bila dibandingkan bulan sebelumnya.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM mengatakan, pencapain penjualan di pertengahan tahun 2020 tak lepas dari mulai meningkatnya aktivitas masyarakat, di sebagian besar wilayah Indonesia serta indikator makro ekonomi yang relatif positif saat ini.

Baca juga: Wajib Tahu, Masa Berlaku SIM Kini Tak Berdasarkan Tanggal Lahir

"Kontribusi yang besar datang dari pembeli mobil pertama di segmen low cost gren car (LCGC), yang didukung juga oleh lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian dengan kredit," ujar Yusak dalam keterangannya, Rabu (8/7/2020).

Honda BrioDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Honda Brio

Dari total penjualan 2.488 unit, kontribusi terbesar datang dari Honda Brio sebanyak 1.314 unit atau menyumbang 52 persen. Posisi kedua dari segmen SUV murah, yakni HR-V yang terjual 343 unit, setelah itu Jazz 293 unit, CR-V 192 unit, sementara untuk Mobilio 164 unit.

Tidak hanya itu, BR-V juga ikut menyumbang penjualan sebesar 66 unit, Civic Hatchback 52 unit, Civic Sedan 26 unit, Accord 20 unti, kemudian City 14 unit. Untuk MPV mewahnya, Odyssey berhasil terjual sebanyak empat unit.

Upaya untuk menggerakan penjualan juga tak lepas dari usaha Honda yang memberikan kemudahan dan keringanan kepada konsumennya melalui program penjualan secara daring. Sampai Juni, tercatat lebih dari 50 persen total pembelian mobil Honda datang melalui jalur online.

Baca juga: Menu City Car Bulan Ini, Renault Kwid Climber Paling Murah

"Meskipun kondisi saat ini masih belum sepenuhnya stabil, kami optimis pencapaian di bulan Juni akan menjadi awal yang baik untuk mulainya pemulihan pasar otomotif di Indonesia," ucap Yusak.

Mengenal logo Honda RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mengenal logo Honda RS

Honda telah meluncurkan kampanye #HondaHopefuel yang merupakan upaya menumbuhkan harapan dan mendukung mobilitas sehari-hari para konsumen melalui inovasi pelayanannya.

Mulai dari home service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala, pickup service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus.

Honda Experience juga dihadirkan untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam, hingga kemudahan pembelian mobil secara online melalui situs resmi Honda maupun virtual official store di berbagai situs e-commerce.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X