Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balap Virtual Honda Civic Type R Digelar Akhir Pekan ini

Kompas.com - 08/07/2020, 11:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang balap virtual yang dihelat PT Honda Prospect Motor (HPM) bersama HM Engineering sukses menjaring 232 pendaftar. Kompetisi bertajuk Honda Racing Simulator Championship (HRSC) ini pun siap berlangsung Sabtu (11/7/2020) ini di lintasan virtual Suzuka.

Dari 232 perserta yang telah mengkuti babak kualifikasi, sebanyak 60 peserta dinyatakan lulus untuk mengikuti kompeitis balap virtual yang pertama kali digelar pabrikan otomotif di Indonesia. Kemudian para peserta dibagi dalam dua kelas berbeda, yakni profesional dan amatir.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM, mengatakan bila kegiatan ini merupakan ajang balap yang sangat menarik karena dilakukan secara virtual, yang mana sebelumnya Honda selalu konsisten mengadakan balapan HJSC dan HBSC di Sirkuit Sentul.

Baca juga: IMI Hapus Kejurnas Balap Mobil 2020

Honda Civic Type R catatkan rekor baru di sirkuit Silverstone HPM Honda Civic Type R catatkan rekor baru di sirkuit Silverstone

"Kami senang menyambut respon positif penyelenggaraan HRSC ini salah satunya dengan jumlah pendaftar lebih dari 230 orang, melampaui target awal kami sebesar 100 orang. Semoga kompetisi ini dapat memberikan keseruan dan dinikmati oleh lebih banyak orang dari berbagai kalangan," kata Yusak dalam keterangan resminya, Selasa (7/7/2020).

HRSC mengusung konsep balap One Make Race (OMR) menggunakan mobil balap Honda Civic Type R Sport Version dalam program simulator balap Rfactor 2. Untuk meraih gelar juara, peserta harus berlomba mengumpulkan poin sepanjang enam seri.

Honda Racing Simulator Championship (HRSC)HPM Honda Racing Simulator Championship (HRSC)

Keenam seri tersebut digelar di beragam sirkuit virtual di enam negara berbeda. Mulai dari Suzuka, Sepang, Silverstone, Interlagos, Zandvoort, dan Estoril.

Guna menunjang kelancaran, para peserta disarankan mengatur software dan koneksi internet sebelum mengikuti balap. Peserta direkomendasikan menggunakan kabel LAN untuk memastikan koneksi internet yang stabil dan mengatur tampilan gambar di layar hingga minimal 60 frames per-second (FPS) untuk menghindari gejala lag.

Baca juga: Jelang New Normal, Honda Bikin Kejuaraan Balap Virtual

Tak hanya itu, untuk dapat meraih gelar juara, para peserta perlu memahami teori balapan dan terus berlatih menggunakan software simulator. Seluruh peserta juga perlu memperhatikan dan menaati peraturan yang ada agar terhindar dari resiko diskualifikasi.

Honda Racing Simulator Championship (HRSC)HPM Honda Racing Simulator Championship (HRSC)

Ajang HRSC memberikan hadiah dengan total sebesar Rp 65 juta bagi 10 orang pemenang. Untuk kelas Professional, juara I memperoleh Rp 20 juta, juara II Rp 10 juta, juara III Rp 8 juta, juara IV Rp 6,5 juta, Rp 5,5 juta untuk juara V.

Sedangkan untuk kelas amatir, nominal hadiahnya memang lebih kecil, yakni Rp 5 juta untuk juara I, juara II Rp 4,5 juta, juara III Rp 3 juta, juara IV Rp 2 juta, dan juara V sebanyak Rp 1 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com