Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Double H, Norton Commando Drag Bermesin Kembar

Kompas.com - 28/06/2020, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber bikeexif

ONTARIO, KOMPAS.com - Lama berkecimpung di dunia drag race mobil membuat Herb Becker terpikir ingin punya motor drag. Dia ingin punya motor yang bertenaga dan bisa dibanggakan.

Tak tanggung-tanggung, proyek yang dipilih ialah menggunakan mesin Norton Commando zaman dulu. Bukan hanya satu tapi dua mesin sekaligus, plus tambahan induksi paksa supercarger.

Herb mengatakan, motor ini merupakan tribut untuk motor drag Norton Hogslayer, yakni motor drag 70'an yang mampu mengalahkan Harley-Davidson di ajang Top Fuel World Championships.

Norton Drag Race Double H Norton Drag Race Double H

Baca juga: Honda Cub Custom Proyek Pertemanan

“Saya bergelut di balap drag selama bertahun-tahun, dan mengagumi mesin kembar Norton Hogslayer milik John Gregory di tahun 70-an dengan pebalap T.C. Christiansen," kata Herb mengutip BikeExif, Minggu (28/6/2020).

Menggunakan dua mesin sama di satu motor bukan pekerjaan yang mudah. Herb mengatakan harus membuat roda gila sendiri, dan juga mengatur bukaan supercarger supaya mesin bekerja selaras.

Norton Commando yang dipakai berjantung 765cc dan karena memakai dua mesin total kubikasi mesin menjadi 1.530cc. Adapun supercarger-nya diambil dari mesin mobil Pontiac 3,8 liter.

Norton Drag Race Double H Norton Drag Race Double H

Kompresi mesinnya dibuat rendah 7,1:1. Herb mengatakan sengaja agar mesin tidak terlalu padat saat ada dorongan dari supercarger. Hitung-hitungan kasar Herb, setingannya mampu membuat motor melesat sampai 240 kpj.

Baca juga: Honda Dax ST Custom Chopper Milik Gitaris Kotak, Tak Imut Lagi

Selain membangun mesin, Herb membuat sasis custom dengan sedikit bantuan pengelasan dari toko lokal Forrest & Forrest Racing. Sasisnya dibentuk dari pipa alumunium 1/16 yang diperkeras secara kimiawi.

Norton Drag Race Double H Norton Drag Race Double H

Meski sudah berubah drastis ada komponen standar yang sengaja disisakan yaitu suspensi belakang. Sisanya disumbang dari motor lain termasuk motor Jepang, yang dibeli Herb dari pasar loak.

"Suspensi depan pakai punya Honda zaman dulu dan remnya dari Kawasaki. Sedangkan roda belakang berasal dari Triumph 60'an," kata Herb yang memberi nama motor ini Double H.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bikeexif
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com