Kencan dengan Skuter Gambot 4 Roda Qooder, Mudah Jatuh Hati

Kompas.com - 25/06/2020, 09:02 WIB
Test ride Qooder Foto: Setyo AdiTest ride Qooder

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi satu-satunya skuter di pasar dengan 4 roda menciptakan  kesan kalau mengendarai Qooder bakal merepotkan. Nyatanya, motor seharga Rp 357 juta ini mudah bikin jatuh hati.

Sebelum membawa Qooder, Kompas.com mendapat sedikit pengetahuan dasar dari Yudit, Marketing Manager Qooder. Dia bilang, pertama kali mencoba pasti perlu adaptasi tapi dijamin tidak bakal lama.

"Makanya saya selalu kasih coba orang biar mereka rasakan naik motor ini gimana. Kita bisa saja bilang banyak hal, tapi kalau orang belum rasain pasti beda, minimal coba," kata Yudit belum lama ini.

Qooder KOMPAS.com/Gilang Qooder

Pesan Yudit ialah membiasakan diri dengan cara gerak motor. Pemula harus main badan untuk belok agar motor lebih nurut. Kemudian membiasakan feeling membawa motor besar di jalan raya serta stop and go.

Baca juga: Telisik Fitur Qooder, Skuter 4 Roda pertama di Indonesia

Pertama naik motor ini memang terasa naik motor gede. Besar. Tapi setelah dicoba beberapa saat, saya sadar ruang kaki rupanya tidak begitu lega. Kaki tidak bisa selonjoran seperti Yamaha Nmax atau Honda PCX150.

Posisi bokong, tangan dan kaki cukup nyaman, sangat nyaman malah. Jok lebar, setang tinggi dan cukup dekat dengan tubuh. Tapi ruang kaki terbatas sebab deknya tergerus buat ruang ban depan.

Qooder KOMPAS.com/Gilang Qooder

Bisa demikian karena Qooder punya dua ban depan. Untuk motor dua roda yang ban depannya terletak di tengah pabrikan bisa membuat desain dek yang lebih menjorok di kiri-kanannya, sedangkan Qooder tidak.

Pertama mencoba Qooder Kompas.com langsung membawanya ke jalan raya. Hal pertama yang terlintas ialah feeling motor ini emang berbeda dengan motor lain. Karena besar kita tidak mudah untuk selap-selip.

Wajar sebab motor ini punya panjang total 2,2 meter, lebar 840 mm dan tinggi 1.360 mm. Jarak sumbu roda 1.580 mm dan tinggi jok 780 mm.

Secara pribadi Qooder membuat cara berkendara jadi lebih bijak. Di sekitaran Fatmawati, Jakarta Selatan yang mulai padat, Kompas.com pasrah berada di belakang mobil. Kalau mau mencari celah di jalur motor pun harus lihat-lihat.

Qooder KOMPAS.com/Gilang Qooder

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X