Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Kira-kira Wajah Kijang Innova Terbaru

Kompas.com - 21/06/2020, 10:15 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini Toyota telah menghadirkan model terbaru dari Fortuner dan Hilux. Meskipun baru meluncur di Thailand, diprediksi kehadirannya di Indonesia tak lama lagi. Apalagi Indonesia merupakan salah satu pasar penting di Asia Tenggara.

Setelah kedua model tersebut, dapat dipastikan bahwa Kijang Innova akan ikut mendapat penyegaran. Sebab ketiga model menggunakan platform yang sama, yakni Toyota IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle).

Platform Toyota IMV biasanya digunakan untuk mobil-mobil berpenggerak roda belakang atau empat roda, menggunakan suspensi depan independent double wishbone, suspensi belakang multi link, serta dengan konstruksi mesin longitudinal.

Baca juga: Mobil dengan Diskon Besar Belum Tentu Bisa Dongkrak Pasar

New Toyota Fortuner LegenderToyota Thailand New Toyota Fortuner Legender

Kini setelah berselang 3 tahun sejak penyegaran terakhir yang dilakukan Toyota lewat Innova Venturer pada 2017, muncul kabar bahwa PT Toyota Astra Motor (TAM) tengah menyiapkan model baru Kijang Innova.

Sinyal ini makin menguat setelah laman Indian Autos Blog merilis gambar olah digital Innova Crysta 2021. Terlihat bahwa tampilan Innova mengalami perubahan, terutama di bagian fascia.

Dengan desain bumper, gril, kap mesin, serta lampu depan baru dengan LED, tampang Innova malah mengingatkan kita dengan desain Toyota Sienna generasi baru yang meluncur di Amerika Serikat, Mei lalu.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Teknik Benar Lewati Tanjakan Curam

Toyota Sienna generasi keempat resmi meluncur di Amerika Serikat.Toyota.com Toyota Sienna generasi keempat resmi meluncur di Amerika Serikat.

Dari samping, perubahan terlihat dari penggunaan pelek motif baru dengan warna yang agak gelap. Sementara dari belakang belum terlihat jelas, tapi sepertinya perubahan akan terjadi di sektor bumper dan lampu-lampu.

Bicara soal fitur, Kijang Innova terbaru diperkirakan bakal dilengkapi berbagai fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap.

Mulai dari wireless charger, kamera 360 derajat, sistem infotainment baru dengan layar sentuh, Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, dan Lane Departure Warning.

Baca juga: Meluncur di Malaysia, Toyota RAV4 Mungkinkah ke Indonesia?

Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).Febri Ardani/KompasOtomotif Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengatakan, di tengah kondisi pandemi Covid-19 pihaknya tidak berhenti melakukan pengembangan dan studi produk baru.

Namun mengenai produk baru yang bakal meluncur di Indonesia, apakah Fortuner atau Innova model baru, Anton belum bisa mengungkap lebih detail.

“Terus terang saya belum bisa memberi komen banyak mengenai produk baru. Apalagi mengenai produk baru di Thailand,” ujar Anton, dalam diskusi virtual belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com