Sebelum Dipakai, Mesin Motor Injeksi Masih Perlu Dipanaskan?

Kompas.com - 21/06/2020, 10:02 WIB
Memanaskan mesin motor injeksi, maksimal 1 menit. about.comMemanaskan mesin motor injeksi, maksimal 1 menit.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ritual memanaskan mesin sepeda motor masih sering dilakukan oleh para pemilik sebelum menggunakannya, terutama di pagi hari.

Kebiasaan ini sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan meskipun teknologi kendaraan sekarang sudah lebih modern dengan mengadopsi sistem injeksi.

Dengan teknologi terbaru tersebut, tentunya ada banyak perubahan yang pada kendaraan roda dua terutama pada sistem kerja dan pengaturan yang sudah menggunakan sistem komputer.

Lalu, apakah mesin motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi sudah tidak perlu dipanaskan setiap pagi sebelum digunakan?

Baca juga: Harga Motor Matik Bekas di Bawah Rp 10 Juta, Ini Pilihannya

Technical Service Division PT Astra Honda Motor ( AHM) Endro Sutarno mengatakan, kebiasaan memanaskan mesin sepeda motor masih perlu dilakukan.

Hal ini ditujukan agar oli yang ada di dalam mesin bisa bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin langsam atau stasioner.

"Meskipun motor sudah lebih pintar (injeksi), sebaiknya tetap dilakukan. Tapi tidak perlu digeber-geber, " ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Tetapi, untuk memanaskan mesin motor injeksi Endro mengatakan tidak perlu terlalu lama seperti mesin lama yang masih menggunakan sistem karburator.

“Untuk motor injeksi untuk pemanasannya sekiranya satu menit saja, biarkan stasioner,” katanya.

Ilustrasi motorOtomania/Setyo Adi Ilustrasi motor

Baca juga: Cara Menggunakan Engine Brake pada Motor Matik

Dengan kondisi mesin yang sudah panas, serta sirkulasi pelumas di dalamnya yang baik maka kendaraan siap untuk digunakan menempuh perjalanan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X