Jangan Panik, Begini Teknik Benar Lewati Tanjakan Curam

Kompas.com - 20/06/2020, 10:02 WIB
Jalur Cino Mati, menghubungkan wilayah Pleret ke Dlingo Bantul KOMPAS.com/MARKUS YUWONOJalur Cino Mati, menghubungkan wilayah Pleret ke Dlingo Bantul

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk para pengemudi yang belum berpengalaman, biasanya suka panik ketika dihadapkan dengan tanjakan yang curam. Padahal, tanjakan tersebut bisa saja dilewati, asal tahu teknik yang benar.

Agar bisa melewati tanjakan yang curam, pengendara mobil harus mengambil ancang-ancang. Tujuannya agar mobil tidak kehilangan momentum atau berhenti di tengah tanjakan.

Baca juga: Berpapasan dengan Mobil Lain di Tanjakan, Mana yang Duluan?

Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, saat menanjak gunakan gigi rendah dan jangan sampai pedal gas diinjak 100 persen.

Perjalanan menuju Geopark Ciletuh, yang penuh kelokan, turunan, dan tanjakan curam, Sabtu (23/6/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Perjalanan menuju Geopark Ciletuh, yang penuh kelokan, turunan, dan tanjakan curam, Sabtu (23/6/2018).

Pedal gas cukup diinjak sampai 80 persen. Sisa 20 persen adalah tenaga cadangan untuk menjaga momentum. Jadi, mobil tidak akan berhenti atau bahkan merosot.

“Jadi waktu digas jangan mentok, hilang momentumnya. Itu adalah salah satu teknik untuk tanjakan,” kata Jusri, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Harus Matikan AC Mobil Saat Tanjakan?

Jusri menambahkan, saat tanjakan curam jangan mengganti gigi. Untuk mobil dengan transmisi manual, baiknya selalu gunakan posisi gigi satu. Sedangkan untuk transmisi matik, manfaatkan opsi “Low (L)".

"Bila pengemudi menilai tanjakan terlalu curam dan ada kemungkinan mobil tidak sanggup menanjak, opsi menurunkan semua penumpang dan barang bisa dipakai," ujar Jusri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X