Sudah Jelas Berbahaya, Masih Ada Orang Naik Motor Pakai Payung

Kompas.com - 20/06/2020, 08:42 WIB
Naik motor pakai payung Humor PoinNaik motor pakai payung

JAKARTA, KOMPAS.com – Perilaku pemotor di Indonesia ada saja yang nyeleneh. Salah satunya, yaitu memakai payung saat kondisi hujan.

Padahal sudah sangat jelas kalau perilaku itu sangat berbahaya bagi keselamatan.

Trainer Yamaha Riding Acadamy On Road and Off Road, Setyo Suyarko menjabarkan beberapa hal mengapa riding dengan menggunakan payung tidak disarankan dalam keselamatan berkendara.

“Pertama, riding pasti dengan satu tangan karena memegang payung. Kondisi ini dapat berakibat tidak seimbang, respons lambat, dan lebih sulit untuk bermanuver,” kata Setyo kepada Kompas.com, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Deretan Fitur Mewah Mobil Sultan, Lexus LM 350 si Kembaran Alphard

Review aksesori payung motorOtomania/Setyo Adi Review aksesori payung motor

Walaupun penumpang yang memegang payungnya, tetap saja motor menjadi tidak stabil. Kedua, payung akan menahan angin sehingga motor dan pengendara tidak seimbang dan dapat menyebabkan kecelakaan.

“Terakhir, jika payung terjatuh atau terlepas dari genggaman bisa mengganggu pengendara lain. Payung terjatuh juga bisa menyebabkan kecelakaan,” ucap Setyo.

Baca juga: Etika Mengemudikan Mobil di Lajur Kanan Jalan Tol

Walaupun tetap memakai payung dengan alasan berkendara perlahan, tetap saja melakukan hal ini berbahaya. Jika berkendara di musim hujan, Setyo menyarankan agar selalu menyiapkan jas hujan di bagasi.

“Kemudian jika tidak punya jas hujan, sebaiknya cari tempat berteduh yang aman dan tidak mengganggu pengendara lain,” kata dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X