Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpapasan dengan Mobil Lain di Tanjakan, Mana yang Duluan?

Kompas.com - 16/06/2020, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudikan mobil pasti ada saatnya melewati jalan sempit di tanjakan atau turunan. Kemudian jika berpapasan dengan mobil dari arah lain, kendaraan mana yang harus didahulukan?

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan, kendaraan yang ingin menanjak harus didahulukan dan mobil yang ingin turun harus memberi jalan.

“Dalam aspek keselamatan, kendaraan yang menanjak membutuhkan usaha mesin yang lebih besar dibanding kendaraan yang mau turun,” kata Marcell kepada Kompas.com, Senin (15/6/2020).

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas Juni 2020, Xpander Termahal di Kelas MPV Murah

Honda BR-V saat akan menaklukkan tanjakan Monteng, Kamojang, Garut.HPM Honda BR-V saat akan menaklukkan tanjakan Monteng, Kamojang, Garut.

Pengemudi juga harus lebih konsentrasi ketika ingin melewati jalan menanjak. Selain itu butuh momentum yang pas agar kendaraan tidak berhenti di tengah tanjakan.

Marcell juga menambahkan, pengemudi yang ingin menanjak memiliki pandangan yang terbatas karena blind spot di atas tanjakan. Sedangkan pengemudi dari yang ingin turun memiliki pandangan yang lebih luas.

Baca juga: Izin Kepemilikan SIM Bisa Dicabut, Ini Aturan Lengkapnya

Selain itu, memberikan prioritas kepada kendaraan yang ingin menanjak juga diatur pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasala 111 yang berisi:

Pada jalan yang menanjak atau menurun yang tidak memungkinkan bagi Kendaraan untuk saling berpapasan, Pengemudi Kendaraan yang arahnya menurun wajib memberi kesempatan jalan kepada Kendaraan yang mendaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com