Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2020, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak pandemi Covid-19 atau virus corona membuat agenda balap motor nasional juga terhenti. Namun, untuk menyambut era normal baru, Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan mulai menyelenggarakan balap.

Medya Saputra Waktum Bidang Olahraga Sepeda Motor PP IMI, mengatakan, sampai saat ini IMI Pusat mengikuti protokol kesehatan. Namun, pihaknya belum bisa mengambil keputusan untuk dijalankan, karena protokol dari pemerintah juga sangat ketat untuk diterapkan.

Baca juga: Begini Protap Kesehatan pada MotoGP di Tengah Pandemi

Protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh, memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, penyemprotan disiinfektan, dan menjaga jarak minimal satu meter, akan menjadi suatu kewajiban untuk dilakukan setiap orang.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menggelar event balap bertajuk Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor pada 29-30 September.Yamaha Indonesia Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menggelar event balap bertajuk Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor pada 29-30 September.

"Selain menjalankan protokol kesehatan, kita juga akan melakukan penyesuaian. Kami minta personil di tim balap dikurangi, begitu pula di kepanitaan," ujar Medya, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Lalu, IMI juga akan mengeluarkan regulasi kesehatan, seperti yang akan diterapkan pada ajang balap tingkat dunia, yaitu MotoGP.

Baca juga: Yamaha Tunggu Ragulator Bisa Gelar Kejuaraan Balap

"Kita juga akan menerbitkan regulasi tambahan. Jadi, paddock yang selama ini menempel, nantinya akan diberi jarak, semua peserta harus menggunakan masker, dan masih banyak lagi syarat yang wajib dipenuhi," kata Medya.

Namun, Medya menambahkan, penyelenggaraan balap motor baru bisa dilakukan di Sirkuit Internasional Sentul (Sentul Besar), Bogor. Sebab, merupakan sirkuit tertutup. Sehingga, balapan bisa digelar tanpa penonton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.