Kreasi Bebas BMW Scrambler Tanpa Aturan

Kompas.com - 09/06/2020, 08:22 WIB
BMW Hantu Laut Kustom Foto: KustomfestBMW Hantu Laut Kustom

JAKARTA, KOMPAS.com - Kustomisasi mengaburkan batas-batas tertentu suatu tema modifikasi kendaraan bermotor. Meski secara garis besar menganut gaya scrambler, tapi hasil akhirnya bisa berbeda untuk tiap orang.

Seperti BMW "Scrambler No Rule" alias tanpa aturan karya bengkel Hantu Laut Jakarta. Igor Permana, sang builder berusaha menerjemahkan keinginan kustomer yang ingin motor dengan konsep berbeda.

“Itulah alasan saya mengapa saya mengusung tema Scrambler No Rule,” kata Igor yang lebih mengutamakan sentuhan art minimalis pada motor yang dia bangun, dikutip Kustomfest, Senin (8/6/2020).

Baca juga: Choppy Cub Honda C70, Ramping Namun Kekar

Setelah tukar pikiran dengan sang empunya motor, Igor mendapat inspirasi dari warna khas BMW M atau BMW Motorsport yakni merah, ungu, dan biru. Tiga garis warna jadi satu.

BMW Hantu Laut Foto: Instagram Hantu Laut BMW Hantu Laut

Motor standar kemudian dibangun ulang. Igor mengatakan bahwa motor ini hampir 90 persen kustom. Mulai dari bagian sasis, bodi hingga kaki-kaki.

Kaki-kaki dibuat lebih kekar dengan aplikasi pelek depan jari-jari dan tromol handmade. Sedangkan pelek belakang custom alumunium monoblok ditopang single arm. Sedangkan suspensi depan upside down copotan motor lain.

“Semua dikerjakan di bengkel sendiri dan memakan waktu kurang lebih dua mingguan,” katanya.

Baca juga: Kata Komunitas Soal Ganjil Genap untuk Motor

Sektor mesin juga diubah. Mesin boxer andalan BMW yang semula menggunakan karburator kini mengadopsi sistem injeksi.

“Alasannya agar lebih minimalis, tidak terlalu banyak kabel yang bersliweran di area mesin. Karena yang ditonjolkan dari motor ini ya minimalisnya,” katanya.

Igor mengatakan sempat menemui kendala saat memadukan komponen dari motor lain dengan buatannya sendiri, namun hal itu dia sebut sebagai kenikmatan dalam proses kustomisasi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Kustomfest
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X