Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peugeot Ubah Sistem Kemudi dari Sederhana Menjadi Canggih

Kompas.com - 05/06/2020, 19:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lingkar kemudi merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang memiliki fungsi sangat krusial. Pasalnya, komponen mengatur arah kendaraan dengan membelokan roda.

Pada dasarnya, lingkar kemudi hanya berfungsi sebagai kontrol arah kendaraan, seperti melakukan manuver. Namun, di era modern seperti saat ini berbagai inovasi terhadap kemudi pun semakin marak untuk dilakukan.

Berdasarkan rilis resmi yang diterima tim Kompas, berbagai inovasi pada roda kemudi terus dilakukan oleh Peugeot.

Pabrikan asal Perancis ini mulai menerapkan sistem roda kemudi pertama pada Peugeot Type 36 di tahun 1901, yang dilengkapi dengan dua buah inovasi yaitu roda kemudi dan kap mesin. Hal tersebut merupakan sesuatu yang baru pada masanya.

Baca juga: Plus MInus Mobil Double Cabin Dipakai Harian

Tidak puas sampai di situ, berbagai inovasi terhadap roda kemudi pun semakin marak dilakukan. Mulai dari perubahan bahan dasar, bahan pembungkus, bentuk, dan juga penyematan berbagai teknologi dan fungsi pada roda kemudi itu sendiri.

Peugeot 208Foto: Peugeot Peugeot 208

Hingga pada tahun 2012, Peugeot 208 memperkenalkan inovasi besar pada posisi pengemudi dengan meluncurkan Peugeot i-Cockpit. Inovasi tersebut tidak lepas dari roda kemudi yang didesain sedemikian rupa sehingga menjadi ergonomis bagi pengendara.

Desain ini juga dinilai bisa memberikan pengemudi pandangan yang lebih jelas terhadap instrumen kendaraan serta jarak pandang jalan.

Baca juga: Pahami Aturan Saat Touring, Jangan Arogan di Jalan

Seakan tidak puas dengan inovasi yang sudah dilakukan, Peugeot i-Cockpit terus berevolusi dan menjadi basis standar pada generasi selanjutnya. Sampai saat ini sudah lebih dari 6 juta pengendara yang memiliki dan menggunakan Peugeot berteknologi i-Cockpit di seluruh dunia.

Bagi dunia otomotif, teknologi ini dinilai sangat unik dan sudah menjadi DNA Brand Peugeot. Bahkan, teknologi tersebut juga sudah dihadirkan pada mobil Peugeot e-Legend.

Pecinta otomotif di Indonesia juga sudah bisa menikmati teknologi roda kemudi yang canggih ini pada mobil Peugeot 3009 SUV dan 5008 SUV.

Meski terlihat begitu canggih, pengemudi tidak perlu khawatir. Sebab, teknologi yang disajikan bisa memberi respon yang sangat akurat sehingga aman bagi pengendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com