Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Sepeda Motor Apa Saja yang Bisa Dibuat dengan 3D Printing?

Kompas.com - 05/06/2020, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cetak atau printer sudah semakin canggih sekarang ini, karena sudah mampu mencetak dengan bentuk tiga dimensi atau yang kerap disebut 3D printing. Pemanfaatan teknologi ini juga bisa dirasakan oleh dunia otomotif.

Patrick Christopher Panggabean dari Tridiku, spesialis 3D printing yang berlokasi di Surabaya, mengatakan, 3D printing bisa diaplikasikan ke dunia otomotif dan memang sudah ada yang melakukannya.

Baca juga: Mengenal Gaya Motor Custom yang Lumayan Jarang Ada di Indonesia

Namun, menurutnya di Indonesia masih belum ada yang menggunakan metal 3D printer. Rata-rata masih mengandalkan material plastik.

Teknologi 3D printing di dunia otomotifCore77.com Teknologi 3D printing di dunia otomotif

Sedangkan untuk pengaplikasiannya, menurut Patrick, sejauh ini baru sebatas pembuatan komponen aksesori saja. Belum seperti di luar negeri yang sudah bisa mencetak rangka, swingarm, dan komponen lainnya.

"Komponen motor yang bisa dibuat dengan 3D printing, antara lain grill lampu depan, wheel rim cover, grill speedometer. Itu yang saat ini sudah bisa dan saya juga pernah membuatnya," ujar Patrick, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: 7 Langkah Jika Ingin Bangun Motor Custom

Selain itu, Patrick menambahkan, komponen lain seperti tutup tangki bensin, sepatbor,dan fairing motor pun juga bisa dibuat dengan teknologi 3D printing di Indonesia.

Salah satu bengkel motor custom di Indonesia yang pernah memanfaatkan teknologi 3D printing adalah Katros Garage. Andi Akbar, builder Katros Garage yang akrab disapa Atenx tersebut, mengatakan, dirinya pernah membuat bracket lampu sein dan cukup puas dengan hasilnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.