Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komponen Sepeda Motor Apa Saja yang Bisa Dibuat dengan 3D Printing?

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cetak atau printer sudah semakin canggih sekarang ini, karena sudah mampu mencetak dengan bentuk tiga dimensi atau yang kerap disebut 3D printing. Pemanfaatan teknologi ini juga bisa dirasakan oleh dunia otomotif.

Patrick Christopher Panggabean dari Tridiku, spesialis 3D printing yang berlokasi di Surabaya, mengatakan, 3D printing bisa diaplikasikan ke dunia otomotif dan memang sudah ada yang melakukannya.

Namun, menurutnya di Indonesia masih belum ada yang menggunakan metal 3D printer. Rata-rata masih mengandalkan material plastik.

Sedangkan untuk pengaplikasiannya, menurut Patrick, sejauh ini baru sebatas pembuatan komponen aksesori saja. Belum seperti di luar negeri yang sudah bisa mencetak rangka, swingarm, dan komponen lainnya.

"Komponen motor yang bisa dibuat dengan 3D printing, antara lain grill lampu depan, wheel rim cover, grill speedometer. Itu yang saat ini sudah bisa dan saya juga pernah membuatnya," ujar Patrick, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, Patrick menambahkan, komponen lain seperti tutup tangki bensin, sepatbor,dan fairing motor pun juga bisa dibuat dengan teknologi 3D printing di Indonesia.

Salah satu bengkel motor custom di Indonesia yang pernah memanfaatkan teknologi 3D printing adalah Katros Garage. Andi Akbar, builder Katros Garage yang akrab disapa Atenx tersebut, mengatakan, dirinya pernah membuat bracket lampu sein dan cukup puas dengan hasilnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/05/194100815/komponen-sepeda-motor-apa-saja-yang-bisa-dibuat-dengan-3d-printing-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke