Partisi Pembatas buat Ojol Masih Tahap Uji Coba

Kompas.com - 05/06/2020, 12:57 WIB
Partisi ojol saat bawa penumpang GardaPartisi ojol saat bawa penumpang
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ojek online (ojol) boleh kembali mengangkut penumpang mulai 8 Juni 2020 di DKI Jakarta. Selain menyiapkan protokol kesehatan, asosiasi juga menyiapkan sekat partisi.

Ide dari asosiasi ojek online (ojol) yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia ini akan memisahkan antara pengendara dan penumpang untuk memperkecil risiko penyebaran Covid-19 melalui droplet.

Baca juga: Waktu Tepat Mengganti Gir Motor yang Aus

Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia Igun Wicaksono mengatakan, selain protokol kesehatan, partisi ini juga upaya untuk pencegahan berlapis yang bisa diterapkan oleh pengendara ojol.

Ilustrasi Grab dan GojekShutterstock Ilustrasi Grab dan Gojek

"Jadi sudah ada penggunaan masker, helm, dan sarung tangan, tapi kta juga menghindari risiko bisa ada percikan, seperti jika pengendara sedang melepas masker atau bagaimana. Sebab, physical distancing sulit dilakukan motor, ini merupakan salah satu perlengkapan untuk physical distancing," katanya kepada Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pengamat Transportasi Bilang Partisi di Ojol Wajib SNI

Igun mengatakan, saat ini partisi masih dalam tahap uji coba. Pemakaiannya tentu sedikit merepotkan, terutama pengendara, tetapi hal ini diharapkan dapat melindungi pengendara dan penumpang.

"Pastinya kenyamanan dari driver sedikit kurang, tapi ini upaya agar driver dan penumpang terlindungi. Partisi belum ada aturannya, kita mengajukan subprotokol. Mengenai aturan ini tergantung gugus tugas," katanya.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, sekat partisi dari akrilik ini dapat menghambat laju sepeda motor dan bisa berefek negatif saat dipakai di jalan.

“Menurut saya, penggunaan partisi akan menambah tahanan angin, keseimbangan motor bisa lebih berat,” ujar Sony kepada Kompas.com, Sabtu (30/5/2020).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.