Kenapa Justru Pengemudi Berpengalaman Kerap Terlibat Kecelakaan Fatal?

Kompas.com - 05/06/2020, 10:02 WIB
Mobil Daihatusu Xenia yang ditumpangi salah satu anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Seram, Kamis (28/5/2020) Humas Polres Seram Bagian TimurMobil Daihatusu Xenia yang ditumpangi salah satu anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku mengalami kecelakaan di Jalan Lintas Seram, Kamis (28/5/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudi memang keterampilan yang bisa dilatih. Seiring berjalannya waktu, kemampuan mengemudi seharusnya terus meningkat, namun kecelakaan yang fatal justru lebih sering disebabkan oleh pengemudi yang berpengalaman ketimbang pemula.

Memang pengemudi pemula lebih berpotensi sering terlibat kecelakaan, namun ringan. Sedangkan, pengemudi yang sudah berpengalaman, sekali terlibat kecelakaan, bisa berakibat fatal.

Mengapa bisa begitu?

Sony Susmana, Training Director Safet Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, pengemudi yang berpengalaman ketika kecelakaan lebih fatal akibatnya.

Baca juga: PSBB Kembali Diperpanjang, Simak Aturan Berkendara di Jakarta

Ilustrasi kecelakaan mobil terbalik.SHUTTERSTOCK Ilustrasi kecelakaan mobil terbalik.

“Ketika pengemudi pemula atau tidak berpengalaman, mengemudinya relatif pelan, risiko nabrak tetap ada, namun tidak fatal. Berbeda dengan yang sudah berpengalaman, biasanya lebih berani dan percaya diri,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (4/6/2020).

Pengemudi yang berpengalaman lebih berani memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi. Sehingga benturan dan jenis kecelakaannya lebih fatal. Pengemudi berpengalaman bukan berarti lebih baik hard dan soft skill mengemudinya.

Baca juga: Menghindari Antrean Panjang, Urus SIM Terapkan First In First Out

Hard skill berarti operasional yang benar saat kendaraan terkontrol maupun lepas kendali. Soft skill sendiri artinya kemampuan dasar pengemudi dalam melihat dan mengambil keputusan yang tepat saat mengemudi,” ucap Sony.

Sony menambahkan, perlu dibedakan antara pengemudi berkompetensi dan berpengalaman. Pengemudi berkompetensi menguasai hard skill, soft skill, dan jam terbang. Sedangkan pengemudi berpengalaman belum tentu menguasai tiga hal tadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.