Mitos atau Fakta, Simpan HP di Bawah Jok Motor Bisa Meledak?

Kompas.com - 04/06/2020, 17:41 WIB
Motor yang terbakar diduga karena menaruh HP di bagasi KOMPAS.com/Aprida Mega NandaMotor yang terbakar diduga karena menaruh HP di bagasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak jarang pengemudi motor yang meletakan barang elektronik, seperti handphone (HP) di bawah jok motor atau di bagasi.

Biasanya mobilitas tinggi menjadi alasan mereka membutuhkan kompertemen luas untuk membawa barang bawaan, tidak heran kalau kini ukuran bagasi motor menjadi salah satu pertimbangan seseorang dalam memilih kendaraannya.

Namun, sebaiknya pengemudi motor lebih berhati-hati. Sebab, menaruh HP di bagasi motor bisa menimbulkan potensi ledakan pada kendaraan.

Baca juga: Jaga Rantai Sepeda Motor Tetap Terlumasi di Musim Hujan

Seperti kasus yang belum lama ini beredar di media sosial, video berdurasi 17 detik tersebut di unggah oleh akun @modifikasicom. Dalam video tersebut terlihat motor skutik yang terbakar diduga karena menaruh HP dan handsanitizer di dalam bagasi motor.

Lantas, benarkah menaruh barang elektronik di dalam bagasi motor tidak aman?

Kepala Cabang Yamaha Permata Motor, Kebayoran Lama, Rendy Arrie, menjelaskan, hal tersebut memang bisa saja terjadi. Pasalnya, dalam kondisi normal di luar ruangan saja yang suhunya sekitar 31 derajat hingga 33 derajat celcius, HP sering mengalami overheat.

“Bisa saja terjadi (HP meledak) jika ditaruh dalam bagasi, karena mesin motor sedang panas,” ujar Rendy kepada Kompas.com, Kamis (05/05/2020)

Baca juga: Toyota Hilux Revo Rocco, Kabin Ganda buat Orang Kota

Belum lagi jika motor dalam posisi diam alias tidak bergerak, seperti di kemacetan. Suhu dalam bagasi bisa saja bertambah karena berada di ruangan tertutup.

Rendy menambahkan, ada beberapa faktor yang membuat kebiasaan seperti itu sulit dihindari oleh para pengemudi motor.

“Misal, dalam kondisi hujan, biasanya pengemudi akan menaruh barang-barang berharganya di dalam bagasi motor agar tidak basah,” katanya.

Jika memang pengemudi terpaksa menaruh HP di dalam bagasi, sebaiknya pastikan alat komunikasi tersebut dalam keadaan mati.

“Untuk berjaga-jaga, sebaiknya matikan daya HP. Serta alasi HP dengan plastik atau kain untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh mesin motor,” katanya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X