Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Wanita Lebih Rentan Kecelakaan Dibanding Pria?

Kompas.com - 30/05/2020, 08:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era modern seperti ini, tidak sedikit wanita mandiri yang mengendarai mobil sendiri. Meskipun demikian, nyatanya masih banyak kaum hawa yang masih melakukan berbagai kesalahan di jalan.

Cara mengemudi yang sembarangan, atau kurangnya konsentrasi saat mengemudi, menjadi faktor penyebab yang kerap dilakukan kaum wanita. Meskipun, kondisi ini dianggap wajar, lantaran karakter menyetir mobil antara pria dan wanita memang berbeda.

Training Director Safety Defensive Consultant, Sonny Susmana mengatakan, kebanyakan kaum hawa belum memahami cara mengemudi yang baik dan benar, sehingga sering melakukan kesalahan kecil yang dapat memicu kecelakaan.

Baca juga: Berkendara Dekat Truk, Bunyikan Klakson Sebagai Tanda

“Sering kita temui pengemudi wanita yang berkendara pelan di lajur yang salah, padahal itu sangat berbahaya,” ujar Sony kepada Kompas.com di Jakarta.

Lebih kurang 450.000 kecelakaan di Inggris akibat dari kelalaian pengemudi wanita yang menyetir sembari merias wajah selama perjalanan.DAILY MAIL Lebih kurang 450.000 kecelakaan di Inggris akibat dari kelalaian pengemudi wanita yang menyetir sembari merias wajah selama perjalanan.

Sony melanjutkan, respons yang lebih lambat ketika mengemudi juga kerap menyebabkan wanita sering melakukan pergerakan tanpa aba-aba.

“Karena kebanyakan wanita tidak paham akan rute yang akan mereka lalui, sehingga banyak dari mereka yang menggunakan navigasi sebagai penunjuk arah. Hal ini yang membuat mereka suka berbelok tanpa aba-aba, tidak memberi lampu sen sebelumnya,” katanya.

Baca juga: Colokan USB di Kabin Bus Bukan untuk Isi Daya Powerbank

Kesalahan kecil lainnya yang paling sering ditemui adalah, sering melakukan aktivitas lain sambil menyetir, seperti berdandan.

“Spion tengah dominan dipakai untuk berkaca atau dandan, kebanyakan wanita melakukan hal ini ketika sedang berada di tengah kemacetan,” ujar Sonny.

Walaupun tidak semua wanita berkendara secara demikian, namun Sonny menyarankan baik wanita ataupun pria harus memiliki ketahanan dan fokus yang sama saat mengemudi, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com