Teknologi Baru Motor Roda Tiga Paggio, Ban Belakangnya 2

Kompas.com - 04/06/2020, 17:22 WIB
Paten Roda TIga Piaggio Grup Paten Roda TIga Piaggio Grup
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Paten Piaggio Grup kembali bocor di dunia maya. Kali ini ialah sistem kendaraan roda tiga alias three wheeler yang berada di belakang, bukan di depan seperti Piaggio MP3.

Paten motor dengan roda belakang tiga sebetulnya bukan barang baru, sejak 80'an Honda sudah punya teknologi serupa dengan Honda Gyro atau bahkan pabrikan asal Inggris BSA Ariel 3.

Baca juga: Piaggio Kembangkan Teknologi Winglet Aktif ala MotoGP buat Skutik

Paten Roda TIga Piaggio Grup Paten Roda TIga Piaggio Grup

Bedanya ialah konsep sistematisnya yang sedikit berbeda. Piaggio mengatakan, dengan sstem ini motor bakal lebih mudah dikendalikan dan kenyamanan mengendarai motor biasa lebih terasa.

Jika pada Gyro kedua roda belakang tetap tegak saat menikung maka pada Piaggio roda belakang ikut miring. Sebab pada Gyro rangka tengahnya menjadi tautan, beda dengan Piaggio.

Baca juga: Cara Piaggio Indonesia Tanggapi Kenaikan Pajak Kendaraan

Paten Roda TIga Piaggio Grup Paten Roda TIga Piaggio Grup

Piaggio menggunakan gardan belakang dan sistem transmisi yang cukup rumit. Kontruksinya mirip seperti cara kerja seperti paralleogram MP3 tapi yang ini diletakkan di begian belakang.

Tidak dijelaskan apakah paten ini bakal benar digunakan di motor produksi masal atau tidak. Sebab seperti yang sudah-sudah, paten hanyaberhubungan dengan kekayaan teknologi bukan berarti harus di produksi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X