Penuhi Kebutuhan Ekspor, Daihatsu Jalankan Produksi Kembali

Kompas.com - 04/06/2020, 17:01 WIB
Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu. KOMPAS.com / FEBRI ARDANIIlustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.
Penulis Stanly Ravel
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai libur Lebaran, mulai 3 Juni 2020, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali melakukan aktivitas produksinya. Namun demikian, kegiatan produksi yang dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar luar negeri, alias ekspor.

Kegiatan produksi ini pun menjadi langkah awal Daihatsu setelah sejak 10 April lalu menghentikan produksinya. Bahkan saat Lebaran, Daihatsu juga meminta karyawannya untuk tidak mudik ke kampung halaman.

Daihatsu memastikan seluruh proses produksi akan berjalan dengan protokol pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah.

Mulai dengan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk, menjaga jarak, menggunakan masker, membatasi jumlah karyawan dan waktu kerja, serta lainnya.

Baca juga: Harga Fortuner 2020 Tembus Rp 800 Jutaan

Ilustrasi kantor DaihatsuADM Ilustrasi kantor Daihatsu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Amelia Tjandra, Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan meski pandemi Covid-19 belum berakhir, namun roda perekonomian diharapkan bisa terus berjalan dengan tetap memintingkan usaha untuk mencegah penularan covid-19.

"Seperti yang dilakukan banyak negara lain, aktivitas ekonomi dan publik telah dibuka secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan. Kami berharap, penerapan new normal akan berdampak positif pada pasar mobil Indonesia," ujar Amel dalam keterangan resminya, Kamis (4/6/2020).

Amel menjelaskan bila seluruh aktivitas sudah mengikuti peraturan yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) nomor HK.01.07/MENKES/328/2020a tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi New Normal.

Baca juga: Pabrik Mobil di Indonesia Siap Beroperasi Jelang New Normal

Ilustrasi pabrik mobilwww.caradvice.com.au Ilustrasi pabrik mobil

Kondisi yang sama juga disampaikan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), yang akan mulai bersiap membuka operasional pabrik di fase new normal dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Bagian produksi sudah masuk untuk persiapan sejak Selasa (2/6/2020) kemarin. Besok (5/6/2020) sudah beroperasi tapi dengan kapasitas di bawah 50 persen dan menyesuaikan aturan yang ada seperti PSBB," kata Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN Bob Azam.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.