Motor Listrik Ini Bisa Tiru Karakter Mesin dan Suara Motor Lain

Kompas.com - 02/06/2020, 18:22 WIB
Motor listrik konsep buatan Emula Electric Motorcycle Visordown.comMotor listrik konsep buatan Emula Electric Motorcycle

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan motor listrik belakangan ini luar biasa. Salah satu yang menawarkan inovasi canggih adalah Emula Electric Motorcycle. Motor listrik ini tak hanya mampu menirukan suara motor lain, tapi juga karakter mesinnya.

Motor listrik pada dasarnya tidak menghasilkan suara seperti mesin konvensional menghasilkan suara lewat knalpot. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak dapat diakali.

Baca juga: Isi Ulang Daya Baterai Motor Listrik, Jangan Tunggu Low Bat

Melalui video yang diunggahnya, Emula memperlihatkan kelebihan yang dimiliki motor listrik buatannya. Motor berjenis sport full fairing tersebut memiliki tiga pilihan suara dan pengaturan tenaga sesuai dengan keinginan pengendara.

Motor listrik konsep buatan Emula Electric MotorcycleVisordown.com Motor listrik konsep buatan Emula Electric Motorcycle

Dikutip dari Visordown.com, salah satu pilihan suara yang bisa dihasilkan motor ini ialah mesin 600 cc, 4-tak, dengan tenaga mencapai 100 tk pada 13.000 rpm, seperti motor sport buatan tahun 1999.

Selain itu, tersedia juga pilihan suara mesin 800 cc, 4-tak, 2-silinder, dengan tenaga 77 tk di 9.000 rpm.

Namun, tak hanya suara motor 4-tak saja yang bisa ditirunya. Emula juga mampu menirukan suara motor 250 cc, 2-tak, 2-silinder, yang mampu menghasilkan tenaga 60 tk di 12.500 rpm.

Untuk memberikan sensasi berkendara layaknya motor yang menggunakan bahan bakar, Emula juga menyediakan tuas kopling. Fungsinya tak jauh berbeda seperti kopling manual pada mesin konvensional.

Baca juga: Mencuci Sepeda Motor Listrik, Begini Cara Amannya

Pabrikan asal Italia ini juga menyediakan tuas di pijakan kaki kiri dan bisa berfungsi layaknya tuas persneling pada umumnya.

Sedangkan untuk suara yang dihasilkan, Emula menyematkan speaker di bagian kanan dan kiri, yang terletak di dekat jok. Suara knalpot dihasilkan juga oleh speaker yang diletakkan di bagian buritan.

Semua pengaturannya bisa dilakukan pada layar instrumen touch screen. Ada 4 mode yang dapat dipilih oleh pengendara, antara lain Beginner, Arcade, Easy, dan Real Emulation.

Mode Beginner, motor dapat dipakai seperti motor listrik pada umumnya yang tinggal menarik tuas gas. Mode Arcade, pengendara bisa mengganti gigi tanpa perlu menarik tuas kopling. Mode Easy, tuas perneling dan kopling dapat digunakan seperti biasa.

Pada mode Real Emulation, motor listrik ini akan bertingkah layaknya motor biasa. Tak hanya kopling dan persneling yang dapat berfungsi, tapi ada juga efek engine brake jika salah memasukkan gigi.

Motor listrik ini baru merupakan konsep. Belum ada kabar lebih lanjut kapan motor ramah lingkungan ini akan masuk ke jalur produksi.



Sumber visordown
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X