Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencuci Sepeda Motor Listrik, Begini Cara Amannya

Kompas.com - 26/05/2020, 18:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci merupakan ritual wajib pemilik sepeda motor. Namun buat motor listrik alias Electric Vehicle, ada langkah yang mesti diperhatikan lebih seksama.

Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, saat mencuci motor listrik, yakni hindari menyempot langsung di bagian baterai dan soket isi daya.

Baca juga: Apa Hebatnya Motor Listrik Gesits Milik Jokowi yang Dibeli Putra Hary Tanoe?

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

“Jok harus tertutup rapat dan tempat kabel charging juga harus tertutup rapat. Selebihnya sih sama seperti motor biasa,” katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Reza mengatakan, konsumen yang ingin mencucinya di tukang cuci steam tidak perlu khawatir. Asalkan tidak ada bagian kelistrikan yang terbuka.

Baca juga: Motor Listrik Roda Tiga untuk UMKM Dijual Rp 20 Jutaan

Sepeda motor hasil karya Universitas Budi Luhur, CEV01KOMPAS.com/Ruly Sepeda motor hasil karya Universitas Budi Luhur, CEV01

Hal senada diucapkan oleh teknisi Viar, Abdul, yang mengatakan memang sebaiknya beberapa bagian tidak disemprot air dengan tekanan tinggi.

"Misal, mencuci dengan steam perlu diperhatikan untuk daerah controller. Tidak boleh dengan tekanan tinggi," kata Abdul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com