Teknologi yang Malah Tak Berguna pada Motor Balap MotoGP

Kompas.com - 02/06/2020, 14:02 WIB
Maverick Vinales keluar dari garasi jelang latihan bebas pada MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019. AFP/PETER PARKSMaverick Vinales keluar dari garasi jelang latihan bebas pada MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika bicara soal teknologi pada motor, MotoGP kerap kali menjadi acuannya. Namun, ada beberapa teknologi atau inovasi yang tidak digunakan pada motor balap MotoGP.

Padahal, teknologi tersebut banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan yang dijual secara massal. Dikutip dari BoxRepsol.com, beberapa teknologi tersebut, antara lain turbocharger dan sistem hibrida ( hybrid).

Baca juga: Seberapa Panas Komponen pada Motor Balap MotoGP Saat Dipakai?

Turbocharger
Inovasi yang satu ini mampu meningkatkan performa mesin dengan menjejali udara ke dalam silinder. Sejauh ini, turbo lebih banyak digunakan pada balap mobil.

Dani Pedrosa akhirnya jalani sesi tes menggunakan motor KTM RC16.Speedweek.com Dani Pedrosa akhirnya jalani sesi tes menggunakan motor KTM RC16.

Kemungkinan motor balap MotoGP menggunakan turbo bisa saja. Namun, yang jadi permasalahan adalah pabrikan harus mendesain ulang bentuk mesin dan sebagian besar komponen di dalamnya.

Salah satu kunci perubahan adalah perlunya pengurangan kapasitas mesin agar motor tidak menjadi liar karena tenaga yang berlebih.

Baca juga: Begini Ribetnya Urusan Logistik MotoGP, Salah Sedikit Bisa Kacau

Sistem Hibrida
Kebutuhan untuk meningkatkan performa dan menemukan teknologi baru yang dapat berkontribusi untuk mengurangi emisi dan polusi membuat terciptanya sistem hibrida atau hybrid system.

Pada dasarnya, teknologi ini didasari mesin konvensional yang didukung dengan mesin elektrik. Teknologi ini sudsh digunakan bertahun-tahun di Formula 1 dan Le Mans 24 Hours.

Namun, alih-alih menggunakan hybris system, Dorna Sports malah membuka kelas baru untuk motor listrik, yakni MotoE.

Baca tentang


Sumber Box Repsol
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X