Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Roda Tiga untuk UMKM Dijual Rp 20 Jutaan

Kompas.com - 18/05/2020, 17:08 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik tidak hanya bermanfaat untuk kebutuhan pribadi saja. PT Solar Panel Indonesia (SPI) baru saja meluncurkan motor listrik roda tiga yang diberi nama Gelis (Gerobak Listrik).

Gelis sengaja diciptakan untuk memenuhi kebutuhan alat angkut bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM). Kendaraan niaga hemat energi dan ramah lingkungan ini akan segera diproduksi dan dipasarkan secara luas ke seluruh Tanah Air.

Baca juga: Fitur Motor Listrik Jokowi yang Terjual Rp 2,55 Miliar, Bisa Jalan Mundur

"Gelis kami ciptakan sebagai kendaraan niaga yang berbasis pada energi listrik yang terbarukan. Kendaraan ini mudah digunakan, serta tidak membutuhkan perhatian khusus dalam hal perawatan," ujar Dipl.-Ing. Budi Prasetyo, pimpinan PT SPI, dalam keterangan resminya.

Motor listrik roda tiga, Gelis (Gerobak Listrik)Istimewa Motor listrik roda tiga, Gelis (Gerobak Listrik)

Budi menambahkan, penciptaan Gelis didorong dari keinginan dan harapan perusahaan untuk bisa membantu para pedagang UMKM.

"Kami ingin membuat pedagang UMKM lebih maju dalam berusaha. Dengan GELIS mereka tidak perlu lagi mendorong gerobak dengan tenaga sendiri. Dengan begitu, pekerjaan jadi lebih efisien, dan para pekerja UMKM mampu meningkatkan taraf ekonominya," kata Budi.

Menurut Budi, kehadiran Gelis di tengah UMKM akan mendorong perkembangan perekonomian nasional, sekaligus memberikan dampak pada penciptaan lingkungan hidup yang lebih baik.

Baca juga: Bersama TVS, Norton Siap Masuk ke Era Motor Listrik

Chief Marketing Officer PT SPI Dipl.-Ing. Ary Tjahyono S.E., mengatakan, PT SPI langsung menghadirkan 3 tipe, yaitu Gelis 300, Gelis 200, dan Gelis 150.

Untuk Gelis 300, akan tersedia di pasaran dalam empat varian, yaitu Gelis Light Metal, Gelis Retro, dan Gelis Cargo dengan harga berkisar mulai Rp 20 juta, serta Gelis Garb dibanderol mulai kisaran Rp 21 juta.

Gelis 200 dan Gelis 150 dalam harga jual yang belum ditetapkan. Gelis 200 sendiri difungsikan sebagai kendaraan khusus pengiriman barang cepat di dalam kota. Sementara GELIS 150 yang berpenggerak roda depan dengan sasis rendah berfungsi sebagai kendaraan angkut sampah dan angkut barang di ruang tertutup (indoor).

PT SPI sendiri akan membuka pemesanan mulai, Senin, 18 Mei 2020, dengan tenggat pengiriman unit ke konsumen dimulai pada pertengahan Juni 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com