Pelayanan SIM di Solo Prioritaskan Pemohon yang Bikin Baru

Kompas.com - 31/05/2020, 11:41 WIB
Aiptu Jailani (tengah) saat memberi pelatihan kepada pemohon SIM di halaman Satlantas Polres Gresik. KOMPAS.com / HamzahAiptu Jailani (tengah) saat memberi pelatihan kepada pemohon SIM di halaman Satlantas Polres Gresik.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Pelayanan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satpas SIM Satlantas Polresta Solo, Jawa Tengah (Jateng), sudah kembali normal setelah libur Lebaran.

Hanya saja di tengah pandemi Covid-19 ini, pelayanan penerbitan SIM lebih diprioritaskan untuk pembuatan baru. Sedangkan untuk yang akan melakukan perpanjangan belum bisa dilayani sementara waktu.

Kasatlantas Polresta Solo Kompol Afrian Satya Permadi mengatakan, bahwa untuk penerbitan SIM pihaknya memang memprioritaskan pembuatan baru terlebih dahulu.

Sebagai pertimbangannya, untuk yang akan melakukan perpanjangan masih ada toleransi hingga akhir Juni 2020.

Baca juga: Selama Pandemi, Ditlantas Polda Jatim Berikan Dispensasi Perpanjangan SIM

"Kami memprioritaskan untuk yang baru, karena yang perpanjangan itu masih di masa pandemi," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (30/5/2020).

pemohon SIM di Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi, Senin (9/3/2020).Ari Purnomo pemohon SIM di Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi, Senin (9/3/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merujuk pada ST Kapolri No: ST/1473/V/YAN.1.1./2020 tanggal 18 mei 2020 tentang Dispensasi Proses Perpanjangan SIM bahwa untuk warga yang masa berlaku SIM habis mulai 17 Maret masih bisa melakukan perpanjangan hingga 29 Juni mendatang.

Dengan begitu, warga tidak perlu khawatir jika nanti melakukan perpanjangan SIM akan mengikuti proses sesuai mekanisme pembuatan baru.

Melainkan tetap mengikuti proses penerbitan SIM sesuai dengan mekanisme perpanjangan.

"Pelayanan untuk penerbitan SIM sudah kembali dengan penyesuaian kondisi new normal sesuai dengan petunjuk dari Polda Jateng," ucapnya.

Baca juga: Dispensasi Perpanjangan SIM di DIY Berlaku sampai 29 Juni 2020

Berbeda halnya dengan pelayanan penerbitan SIM di Satpas Satlantas Polres Klaten. Kasatlantas Polres Klaten AKP Bobby Anugrah Rachman mengatakan, untuk pelayanan sudah kembali normal, hanya saja untuk waktu pelayanan memang dikurangi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.