Pameran Otomotif Geneva Motor Show 2021 Terancam Batal

Kompas.com - 28/05/2020, 16:22 WIB
Ilustrasi pameran otomotif Geneva Motor Show wikipedia.orgIlustrasi pameran otomotif Geneva Motor Show
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi Internationale des Constructeurs d'Automobiles (OICA) menyatakan bahwa perhelatan pameran Geneva International Motor Show tahun depan terancam dibatalkan.

Melansir Motor1, Kamis (28/5/2020), hal ini dikarenakan adanya masalah keuangan penyelenggara usai adanya pembatalan pameran yang seharusnya terselenggara pada 5-15 Maret 2020 imbas pandemi virus corona alias Covid-19.

Guna menyelesaikan masalah tersebut, Pemerintah Swiss menyarankan OICA untuk melakukan pinjaman dana hingga 17 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 250 miliar dengan nilai tukar saat ini.

Baca juga: Tentrem Produksi Bus Tanpa Bando Alias Single Glass

Konsep Pop.Up, mobil kompak yang bisa terkoneksi dengan delapan baling-baling dan membuatnya melayang ke angkasa, diperkenalkan di Geneva Motor Show 2017.Autoblog Konsep Pop.Up, mobil kompak yang bisa terkoneksi dengan delapan baling-baling dan membuatnya melayang ke angkasa, diperkenalkan di Geneva Motor Show 2017.

Namun OICA menolaknya, karena mereka menilai harusnya ada pelunakkan dari pemerintah mengingat Geneva International Motor Show memberikan dampak positif pada perekonomian Swiss.

Pasalnya, berdasarkan catatan penyelenggara, pameran bertaraf internasional itu rata-rata berhasil membawa 600.000 pengunjung dan 10.000 jurnalis dari seluruh dunia pada tiap serinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanggapan serupa juga datang dari peserta pameran sehingga meminta penyelenggara untuk merencanakan edisi Geneva International Motor Show berikutnya pada tahun 2022.

Baca juga: GIIAS 2020 Mundur, Panitia Persilahkan APM untuk Diskusi Internal

Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

Sebelumnya, Chairman of the Foundation Board Geneva Internatonal Motor Show Maurice Turrettini dalam pernyataan resmi menyebut bahwa pihaknya sangat terpukul atas pandemi Covid-19.

"Ini adalah force majure yang menjadi kerugian luar biasa bagi produsen yang telah berinvestasi secara besar-besaran di Jenewa," kata dia.

Sebab, penyelenggara sudah membuka pemesanan tiket dan sudah banyak produsen otomotif terkait yang telah melakukan persiapan luar biasa guna meluncurkan produk baru. Beberapa di antaranya Hyundai i20, VW Golf GTD, Kia Sorento.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Motor1.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.